Mengenal Perbedaan Mitosis dan Meiosis

By Categories : Pendidikan

Setiap mahkluk hidup multiseluler (bersel banyak) dan yang memiliki tipe eukariota pada umumnya terjadi dua macam pembelahan sel atau reproduksi sel, yaitu mitosis dan meiosis. Proses pembelahan sel tersebut berfungsi untuk memperbanyak sel. Meskipun sama-sama berperan dalam pembelahan sel, akan tetapi mitosis dan meiosis juga memiliki banyak sekali perbedaan. Sebelum mengetahui apa saja perbedaan mitosis dan meiosis, Anda juga harus mengetahui apa itu mitosis dan meiosis itu sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Pengertian Mitosis

Mitosis membantu untuk menghasilkan dua sel anak yang identik dengan sel induk. Mitosis berguna dalam reproduksi aseksual dan pertumbuhan. Beberapa tahapan siklus sel dengan fase mitosis, antara lain  Interfase, Profase, Metafase, Anafase dan juga Telofase. Selama fase S interfase terjadi replikasi DNA. Mitosis sendiri tidak mencipatakan variasi dalam generasi. Oleh karena itu, cocok untuk teknologi kloning. Namun salah satu kelemahan dari mitosis adalah pembelahan sel yang tidak terkendali, sehingga hal ini dapat  menyebabkan jaringan tumor ataupun kanker.

Perbedaan Mitosis dan meiosis

Pengertian Meiosis

Berbeda dengan mitosis, meiosis adalah jenis pembelahan sel yang berguna dalam reproduksi seksual. Sehingga pembelahan sel yang satu ini melibatkan pembentukan gamet haploid yang dapat berfungsi untuk pembentukan zigot. Sehingga pembelahan meiosis memungkinkan untuk variasi pada generasi berikutnya. Meiosis melibatkan dua pembelahan sel yang akan menghasilkan pembentukan empat gamet haploid. beberapa tahapan dalam siklus  sel dengan fase meiosis antara lain, Interphasa, Profase I, Metafase I, Anafase I, Telofase I, Profase II, Metafase II, Anafae II  dan Telofase II. Baca juga  perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Setelah mengetahui apa itu mitosis dan meiosis, berikut perbedaannya.

Inilah perbedaan mitosis dan meiosis

Tempat terjadinya

Pembelahan sel secara mitosis berlangsung dan terjasi pada sel-sel somatis, baik pada sel haploid (n) maupun sel yang diploid (2n). Sedangkan pembelahan sel secara meiosis berlangsung pada sel-sel perkembangbiakan atau yang biasa disebut dengan sel gonad.

Sentromer

Pada pembelahan sel mitosis sentromer (kinetokor) akan mebelah pada fase anafase dan kromatida akan bergerak menuju ke arah kutub sel yang berlawanan. Yang pada akhirnya, hal ini akan terbentuk dua buah nukelus anak dengan ploidi yang sama (n. 2n) dengan nukleus semula. Sedangkan meiosis anggota kromosom yang homolog berpisah pada anafaese I, namun sentromer pada tahap ini belum membelah, sentromer tersebut akan membelah pada anafase II. Yang pada akhirnya akan terbentuk empat buah nukleus anak yang haploid (n).

Perpindahan

Dalam proses mitosis tidak terdapat pindah silang atau yang biasa disebut dengan crossing over, berbeda dengan proses meiosis yang pada setiap pasangan kromosom yang homolog akan terjadi sebuah pindah silang.

Sifat sel anak

Mitosis memiliki sifat sel anak berupa diploid (2n) sedangkan meiosis berupa haploid (n).

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan mitosis dan meiosis. Baca juga artikel lainnya pengertian dan perbedaan DNA dan RNA.

Loading...