Mengenal penyakit fungsi ginjal

By Categories : Kesehatan

Bagaimana mengenal penyakit fungsi ginjal? – penurunan fungsi ginjal tidak terjadi begitu saja, tetapi perlahan lahan namun tidak dapat kembali normal kembali. Ginjal merupakan organ penyaring racun sisa dalam darah, membuang cairan lebih dan sisa darah adalah fungsi utama ginjal. Maka jika ginjal mengalami penurunan akan mengakibatkan kerusakan organ yang berdampak serius.

Mengenal penyakit fungsi ginjal

Inilah Penjelasan Mengenai Penyakit Fungsi Ginjal

Makan makanan yang sehat, dan mengontrol salah satu penyebab terjadinya penurunan fungsi ginjal. Penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara tiba tiba maupun perlahan lahan bisa menyerang siapapun tanpa memandang gender maupun usia.

Penurunan fungsi ginjal tidaklah menular tetapi penyakit ini sangat berbahaya dan menyebabkan kematian, terlebih lagi pengobatannya sangatlah mahal.

Ada dua jenis penurunan fungsi ginjal, yaitu penurunan fungsi ginjal akut yang terjadi secara tiba tiba dan berlangsung singkat. Dan yang ke dua penurunan fungsi ginjal kronik yang terjadi secara perlahan lahan, bertahap, dan kemudian menjadi lebih parah dan akhirnya terbentuklah gagal ginjal.

Penurunan fungsi ginjal digolongkan menjadi tiga kelompok,

  1. Yang pertama pre-renal yang terjadi oleh kurangnya asupan darah ke ginjal. Misalnya adalah dehidrasi, pendarahan hebat, dan sebagainya.
  2. Yang kedua renal yaitu kerusakan langsung yang mengenai ginjalnya sendiri, yang terjadi karena obat obatan dan sesuatu yang merusak ginjal itu sendiri.
  3. Yang ketiga post-renal yaitu sumbatan yang ditemukan pada saluran kemih yang disebabkan oleh tumor atau kelainan anatomis di saluran kemih yang menyebabkan sumbatan.

Untuk mengetahui beberapa kemungkinan penyakit penurunan fungsi ginjal pada diri sendiri kita harus mengetahui berapa besar kemungkinannya dengan mengetahui gejala penurunan fungsi ginjal,

  1. Timbunan sampah dalam darah

Timbunan samaph dalam darah dapat menyebabkan badan lelah, tubuh terasa sakit sakit, gatal, keram, sering lupa, susah tidur(insomnia), mual, tidak nafsu makan, daya tahan tubuh berkurang.

  1. Keseimbangan cairan

Penyebab penimbunan cairan dan dapat mengeringkan cairan, penimbunan cairan ini menyebabkan kaki bengkak bengkak, wajah membengkak. Dan efek pengeringan cairan akan menyebabkan mulut kering, mata cekung, tidak ada lendir dalam mulut atau hampir tidak ada.

  1. Gangguan hormone

Ginjal akan mengeluarkan hormone ekstra saat ginjal mengalami masalah, ini menyebabkan hormone tekanan darah bertambah dan hormone yang lainnya berkurang. Ini menyebabkan tubuh kekurangan darah, lelah, dan tulang mulai rapuh.

Penurunan fungsi ginjal dapat dicegah sedini mungkin dengan beberapa cara ringan untuk mencegah yaitu sebagai berikut,

  1. Olahraga, olahraga secara teratur akan membuat sehat tubuh. Olahraga ringan dapat membuat tubuh bugar dan fresh dibanding dengan olahraga berat.
  2. Berhenti merokok, rokok dengan kandungan nikotinnya lama lama akan merusak organ organ penting seperti paru paru, jantung, dan ginjal.
  3. Kurangi makan berlemak, makanan berlemak membuat kandungan kolestrol dalam darah meningkat.
  4. Berat badan, berat badan juga dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal maka pastikan anda terhindar dari obesitas.
  5. Konsumsi air putih, konsumsi air putih secara teratur.
  6. Checkup teratur, pemeriksaan darah secara rutin dapat mengantisipasi adanya gejala awal dan penangan sedini mungkin.