Mengenal Penyakit Bipolar Disorder Sejak Dini

By Categories : Umum

Apakah Anda mengetahui apa itu penyakit bipolar disorder? Penyakit bipolar merupakan salah satu jenis gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang. Biasanya gangguan yang satu ini ditandai dengan perubahan suasana hati seseorang yang sangat ekstrim. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit ini, antara lain genetika atau faktor keturunan, terganggunya keseimbangan cairan kimia utama dalam otak dan juga lingkungan. Seseorang yang menderita gangguan ini juga akan mengalami beberapa episode emosi, antara lain:

Penyakit Bipolar Disorder

Mengenal penyakit bipolar disorder

Mania

Yang pertama adalah mania. Pada episode ini para penderita seolah-olah memiliki rasa bahagia dan semangat yang luar biasa. Dan hal ini biasanya menyebabkan penderita mengalami gangguan susah tidur. Namun tak hanya itu saja, penderita penyakit bipolar juga kadang berpikir tak membutuhkan orang lain karena merasa dirinya mampu menghadapi masalah sendirian.

Hipomania

Pada umumnya episode ini hampir sama seperti mania, akan tetapi pada tahap ini seseorang dengan gangguan bipolar paling sulit terdeteksi. Karena gejala yang ada hampir sama seperti orang yang sedang bahagia. Meskipun begitu, efek yang ditimbulkan dari episode ini pun tidak jauh beda dengan mania.

Depresi

Berbeda dengan mania dan hipomania, depresi digambarkan sebagai kondisi yang penuh tekanan dan murung. Apabila hal ini tidak diawasi dan ditangani dengan baik, penderita penyakit bipolar dapat melakukan hal-hal negatif seperti bunuh diri.

Campuran

Episode pada penyakit bipolar disorder selanjutnya adalah campuran. Di mana emosia mania dan depresi menjadi satu. Akibatnya, ini akan  membuat penderita gangguan ini terlalu bersemangat dalam menceritakan sesuatu yang negatif.

Jenis gangguan bipolar

Gangguan bipolar terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu gangguan bipolar I, gangguan bipolar II dan juga cyclothmymia.

  • Gangguan bipolar I: biasanya akan mengalami suatu kejadian yang membuat mereka bergembira secara berlebihan atau manic.
  • Gangguan bipolar II: berbeda dengan bipolar I, gangguan bipolar II biasanya jarang berbahagia yang berlebihan, namun sebaliknya mereka akan sering murung dan sedih yang berlebihan.
  • Cyclothmymia: pada umumnya sama seperti gangguan bipolar II, akan tetapi depresinya tidak dapat dikategorikan sebagai kesedihan yang berlebihan.

Lantas bagaimana cara untuk menangani penyakit bipolar disorder? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Pengobatan gangguan bipolar

Salah satu tujuan pengobatan pada seseorang yang menderita gangguan ini adalah untuk menurunkan frekuensi episode mania serta depresi agar penderita dapat hidup dengan tenang layaknya seseorang yang normal. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara memperbaiki pola hidup,mulai dari menghindari stres, mencoba beberapa teknik relaksasi seperti yoga, meditasi dan lainnya,  mengonsumsi obat yang dianjurkan serta dengan melakukan terapi psikologis.

Demikianlah ulasan mengenai mengenal penyakit bipolar disorder sejak dini. Baca juga artikel lainnya cara mengatasi depresi berkepanjangan.

Loading...