Mengenal Gejala Penyakit Jantung Sejak Dini

By Categories : Kesehatan

Mengetahui dan mengenal gejala penyakit jantung sejak dini adalah hal penting yang perlu kita ketahui. Hal ini karena jantung merupakan organ tubuh paling vital yang memiliki fungsi untuk menjaga pasokan darah dalam tubuh tetap berjalan dengan normal. Menurut WHO penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Dan biasanya sebelum serangan jantung terjadi, ada beberapa gejala yang perlu Anda waspadai. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa gejala penyakit jantung.

Mengenal Gejala Penyakit Jantung Sejak Dini

Inilah gejala penyakit jantung yang perlu Anda ketahui

Fatigue atau mudah lelah

Gejala yang pertama adalah mudah lelah atau fatigue. Hal ini merupakan gejala yang paling sering dialami. Akan tetapi calon penderita infrak miokardial akan mengira bahwa tubuhnya hanya kurang istirahat dan hanya lelah karena pekerjaan. Sebenarnya persepsi tersebut tidak sepenuhnya salah, akan tetapi rasa lelah yang ekstrim merupakan gejala dari penyakit mematikan ini yang perlu Anda waspadai.

Nyeri pada dada

Selain mudah lelah, nyeri pada dada juga merupakan gejala paling umum dari serangan jantung. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya segeralah konsultasikan dengan dokter. Jika selalu diabaikan, hal ini dapat membuat kesehatan jantung semakin parah serta kondisi ini juga dapat membuat tubuh penderita menjadi semakin melemah dan mati rasa.

Sakit kepala

Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah sakit kepala. Menurut American Academy of Neurology menyatakan bahwa keluhan sakit kepala yang dikeluhkan oleh penderita sakit jantung disebabkan karena adanya penyimpangan sirkulasi darah. sakit kepala saat terkena sinar matahri juga merupakan tanda seseorang memiliki masalah serius pada jantung. Hal ini akan berpengaruh terhadap denyut jantung yang lebih cepat ataupun lambat.

Denyut jantung tidak teratur

Denyut jantung yang tidak teratur dan diserati dengan pusing, lemas, sesak napas serta kelelahan merupakan gejala dari serangan jantung, aritmia ataupun gagal jantung. Jika hal ini tidak segera diatasi, dapat membuat penderita yang mengalami gejala tersebut mengalami stroke hingga kematian mendadak.

Berkeringat

Pada umumnya seseorang akan mengeluarkan keringat saat berolahraga, ketika berada di tempat yang panas serta melakukan aktivitas berat. Akan tetapi Anda harus waspada jika Anda berkeringat meskipun tidak melakukan aktivitas apapun. Karena hal ini dapat mengindikasikan bahwa jantung Anda sedang mengalami masalah.

Rasa cemas berlebihan

Gejala penyakit jantung berikutnya adalah sering merasa cemas yang berlebihan. Tahukah Anda saat jantung mengalami masalah, maka jantung akan mengalami ketegangan dan dapat membuat seseorang yang mengalami hal ini menjadi cemas, tegang dan khawatir yang belebihan. Akan tetapi rasa cemas yang berlebihan justru dapar memicu seseorang mengalami serangan jantung mendadak.

Nah itulah beberapa gejala penyakit jantung yang harus Anda waspadai.

Baca juga artikel tentang Penyakit fungsi ginjal.