Mengenal Gejala Penyakit Alzheimer Sejak Dini

By Categories : Kesehatan

Alzheimer merupakan suatu penyakit dimana kondisi seseorang mengalami penurunan secara drastis mulai dari kecerdasan intelektual hingga kemampuan bersosialisasi. Hal ini dikarenakan saat menderita alzheimer otak akan mengerut dan mengecil. Sehingga ini akan mengurangi daya ingat dan secara bertahap akan menghapus segala memori ingatan pada penderitanya. Tak hanya itu saja, penderita alzheimer juga mengalami penurunan kesehatan jaringan otak dan kemampuan mental.

Gejala Penyakit Alzheimer

Namun Anda jangan khawatir, meskipun belum ditemukan penyebab utamanya gejala dari alzheimer dapat diidentifikasi sejak dini. Pada suatu acara Understanding Alzheimer, Direktur Eksekutif Alzheimer’s Indonesia, DY. Suharya menyatakan bahwa sejak 20 tahun sebelum seseorang didiagnosa menderita alzheimer sudah ada beberapa gejala dari penyakit tersebut, akan tetapi tidak semua orang waspada dan menganggapnya sebagai penyakit. Akibatnya mereka telat dalam memeriksakan diri. Lantas apa saja gejala penyakit alzheimer tersebut? Berikut ulasannya.

Gejala penyakit alzheimer

Gangguan pada daya ingat

Gejala yang pertama adalah adanya gangguan pada daya ingat. Seseorang yang menderita alzheimer kerap sekali melupakan kejadian yang ia alami meskipun kejadian tersebut baru terjadi. Tak hanya itu saja penderita alzheimer juga sering melupakan janji serta membicarakan hal yang sama berulang kali. Sehingga hal ini terkadang dapat membuat orang lain kesal. Selain itu, mereka juga cenderung sulit untuk melakukan pekerjaan sehari-hari oleh karena itu saat menyelesaikan tugasnya, mereka membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan seseorang normal pada umumnya.

Gangguan komunikasi

Gejala yang kedua adalah gangguan komunikasi. Selain kesulitan dalam berbicara, penderita alzheimer juga kesulitan mencari padanan kata yang tepat. Tak hanya itu saja mereka juga kerap berhenti di tengah pembicaraan karena bingung mau berbicara apa. Penderita alzheimer juga tidak menyukai sosialisasi maka jangan heran jika mereka lebih senang mengurung diri.

Kesulitan memahami visuospasial

Gejala penyakit alzheimer selanjutnya adalah kesulitan dalam memahami visuospasial yaitu mulai dari kesulitan menentukan jarak, membedakan warna, membaca, hingga mengenali wajahnya sendiri. Pada umumnya mereka tidak mengenali satu pun benda yang ada disekitarnya dan juga tidak sesuai dalam meletakkan sesuatu. Terkadang mereka pun menuduh orang lain telah memindahkan atau mencuri barang tersebut.

Sulit untuk melakukan tugas biasa

Jika seseorang normal pastinya akan sangat mudah bagi mereka untuk melakukan kegiatan sehari-hari, akan tetapi bagi seorang penderita alzheimer menyelesaikan masalah sehari-hari merupakan hal yang sulit salah satunya yaitu memasak, bagi mereka melakukan sesuatu yang membutuhkan langkah-langkah dalam proses penyelesaiannya merupakan tugas yang sangat sulit dilakukan.

Nah itulah beberapa gejala penyakit alzheimer yang perlu Anda ketahui. Selain itu, seorang penderita alzheimer juga sangat sering mengalami perubahan perilaku dan kepribadian seperti bingung, marah, takut hingga hilangnya kepercayaan terhadap orang lain. Baca juga artikel mengenai Gejala penyakit diabetes.

loading...