Mengenal Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini

By Categories : Kesehatan

Ginjal merupakan  salah satu organ tubuh paling vital. Hal ini dikarenakan ginjal berfungsi untuk menyaring darah, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mengataur kadar kalium dalam darah serta dapat mengeskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh. Salah satu penyakit pada ginjal yang sangat membahayakan adalah gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan fungsi ginjal. Sehingga ini menyebabkan kototan yang seharusnya di saring ginjal tidak dapat tersaring dan ikut diedarkan ke seluruh tubuh.

Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini

Beberapa faktor yang menyebabkan gagal ginjal antara lain, kurang darah, penyakit jantung, kerusakan hati, adanya infeksi, dehidrasi parah hingga reaksi alergi parah. Lalu apa saja gejala gagal ginjal yang sering terjadi? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Inilah gejala gagal ginjal yang perlu diketahui

Rasa gatal yang berlebihan

Gejala yang pertama adalah adanya rasa yang berlebihan atau yang biasa disebut dengan ruam kulit. Hal ini dikarenakan tumpukan kototan dalam darah tidak dapat disaring oleh ginjal. Sehingga kototran tersebut akan menumpuk  di jaringan kulit dan menyebabkan gatal. Tak hanya gatal yang berlebihan, penderita gagal ginjal biasanya juga akan mengalami pembengkakan pada bagian tubuhnya, seperti di pergelangan kaki, tangan dan lainnya.

Daerah pinggang terasa akut

Seperti yang kita ketahui penyakit gagal ginjal merupakan penyakit lanjutan dari batu ginjal. Hal inilah yang menyebabkan daerah pinggang terasa sakit. Karena batu ginjal yang membesar dapat membuat pinggang terasa nyeri dan pada akhirnya dapat merusak fungsi ginjal.

Kepala pusing

Hampir setiap penyakit memiliki gejala yang satu ini, tak terkecuali dengan gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal menyebabkan seorang penderitanya kekurangan pasokan oksigen yang menuju ke otak. Sehingga inilah yang menyebabkan orang merasa pusing dan susah berkonsentrasi. Jika tidak segera diatasi hal ini akan membuat otak semakin kekurangan oksigen dan pada akhirnya penderita gagal ginjal akan tidak sadarkan diri.

Tubuh menggigil dan kedinginan

Gejala gagal ginjal selanjutnya adalah tubuh kedinginan atau menggigil. Terutama pada saat bangun tidur di malam hari. Fungsi ginjal yang sudah terganggu tentu saja dapat menyebabkan sel-sel syaraf yang ada di tubuh sudah semakin rusak.

Sesak napas

Tak hanya pasokan oksigen ke otak saja yang mengalami penurunan. Pasokan oksigen yang menuju ke paru-paru juga semakin sedikit dan pasa akhirnya paru-paru akan terendam cairan tubuh yang seharusnya disaring oleh ginjal. Jika sudah begini, tentu saja ini dapat menyebabkan  penyakit lain yang lebih parah.

Nah itulah beberapa gejala gagal ginjal yang perlu diwaspadai. Untuk menghindari penyakit ini pastikan Anda selalu menjaga pola dan gaya hidup, hindarilah mengonsumsi makanan yang memiliki bahan pengawet, pewarna dan aditif berbahaya. Karena tak hanya dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal, gaya dan pola hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Loading...