Mengatasi Susah Tidur

By Categories : Kesehatan

Susah tidur atau biasa dikenal dengan istilah insomnia merupakan suatu hal yang sangat menjengkelkan dan tidak nyaman, karena waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur malah berkurang gara-hara hal tersebut. Rata-rata manusia istirahat sekitar 8 jam sehari agar tubuh tetap maksimal dan sehat.

Insomia dapat mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan serta daya tahan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami susah tidur atau insomnia akan tidur larut malam tentunya akan mengurangi waktu untuk istirahat. Lalu bagaimana cara mengatasi susah tidur? Langsung saja berikut ini adalah beberapa ulasan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

mengatasi susah tidur

Mengatasi Susah Tidur

Menghindari Makanan Berat Sebelum Tidur

Mangatasi susah tidur yang pertama adalah menghindari makanan berat sebelum tidur. Mengkonsumsi makan makanan berat sebelum tidur tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan pada badan. Selain itu makan makanan berat sebelum tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami susah tidur atau insomnia. Lalu solusinya adalah usahakan makan sebelum 2 sampai 3 jam sebelum tidur agar proses pencernaan dapat berjalan baik. Baca juga Tempat Honeymoon Paling Romantis

Berhentilah Merokok

Rokok mengandung banyak racun yang membahayakan tubuh dalam jangka waktu panjang. Karena efeknya tidak terlihat langsung, sehingga rokok menjadi suatu hal biasa bagi kebanyakan orang. Namun tahukah Anda bahwa dengan merokok maka tekanan dalam darah meningkat hal ini juga mempengaruhi detak jantung lebih cepat. Selain itu juga dapat merangsang aktivitas gelombang otak yang mengakibatkan kualitas tidur yang buruk dan menyebabkan insomnia atau susah tidur.

Menghindari Obat Tidur

Bagi Anda yang sering mengkonsumsi obat tidur, alangkah baiknya Anda untuk menguranginya mulai sekarang juga. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati terhadap obat tidur yang Anda konsumsi. Obat-obat tersebut mempunyai efek samping bagi tubuh jika Anda sering mengkonsumsinya dan akan menimbulkan rasa ketergantungan pada obat. Solusinya adalah kurangi obat-obatan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Memperhatikan Kondisi Tempat Tidur

Mengatasi susah tidur yang berikutnya adalah dengan cara memperhatikan kondisi ruangan tempat tidur Anda. Kondisi kamar tidur memang dapat mempengaruhi Anda untuk bisa tidur nyenyak atau sebaliknya. Maka dari itu Anda harus memperhatikannya dengan cara membuat dan mengatur suasana kamar tidur Anda senyaman mungkin, sehingga Anda sebagai penghuni akan merasa nyaman serta hindarilah lampu menyala saat tidur karena secara medis lampu menyala saat tidur tidak baik untuk kesehatan.

Menghindari Minuman Tertentu

Hal ini justru banyak dilakukan oleh kebanyakan orang sebelum menjelang tidur. Biasanya orang sebelum tidur malah minum minuman seperti kopi, coklat panas, teh, dan minuman yang mengandung soda. Hal tersebut tentu tidaklah benar, karena sifat minuman tersebut adalah stimulan yang dapat membuat tidur Anda lebih sulit. Solusinya adalah menghindari minuman-minuman tersebut sebelum tidur.

Nah itulah beberapa cara mengatasi susah tidur yang dapat Anda lakukan, jika Anda mengalami insomnia atau gejala susah tidur. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Tahapan Persiapan Menikah