Mengalami Gigi Keropos di Usia Muda? Ketahui Penyebab Gigi Keropos

By Categories : Kesehatan

Gigi repuh atau gigi keropos merupakan salah satu masalah gigi yang banyak dialami oleh seseorang. Gigi keropos ini dapat dialami oleh siapa saja, bukan hanya mereka yang telah berusia lanjut tapi juga dapat dialami oleh mereka yang masih berusia muda. Tapi untuk masalah yang satu ini memang sangat rentan terjadi pada anak-anak yang masih berusia muda. Hal ini dikarenakan enamel gigi mereka belum sempurna. Pada akhirnya hal tersebut akan menyebabkan gigi keropos menjadi semakin parah jika tidak di atasi dengan cepat, seperti misalnya terjadinya infeksi pada gigi.

Penyebab Gigi Keropos

Selain itu gigi rapuh atau keropos sering kali dikaitkan dengan gigi berlubang (karies). Adapun penyebab karies ini terjadi akibat adanya ketidakseimbangan proses pelapisan mineral (demineralisasi) dari gigi dengan pengembalian mineral ke dalam gigi (remineralisasi). Karies ini  memiliki tanda-tanda atau gejala yang bervariasi semua tergantung dari tingkat kekeroposan gigi. Semakin parah tingkat kekeroposan gigi, maka kemungkinan besar pasien akan mengalami beberapa gejala di antaranya yaitu merasa sakit yang luar biasa pada gigi, gigi sangat sensitif, timbul lubang pada gigi, dan perubahan warna pada permukaan gigi. Selain karena faktor di atas, ternyata juga terdapat penyebab gigi keropos lainnya diantaranya adalah sebagai berikut.

Inilah Penyebab Gigi Keropos yang Dapat Anda Ketahui

Bakteri

Penyebab gigi keropos yang pertama adalah karena disebabkan adanya bakteri yang bersarang di rongga mulut. Adapun jenis bakteri tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bakteri odontomyces viscoses, bakteri yang satu ini adalah salah satu bakteri yang berada di belakang lidah yang sering menyerang di daerah sementum. Sementum itu sendiri merupakan bagian luar yang keras dari akar gigi.
  2. Enam spesies bakteri streptokokus, untuk jenis bakeri inilah yang dominan menjadi penyebab gigi keropos semakin parah. Hal ini dikarenakan Enam spesies bakteri streptokokus  menyerang permukaan halus pada gigi.

Kebersihan Mulut yang Buruk

Hal ini terdapat kaitannya dengan kemunculan berbagai bakteri yang dapat menjadi penyebab gigi keropos. Mencaga kebersihan mulut memang sangat penting untuk diperhatikan guna mengurangi resiko terjadinya kerusakan gigi yang semakin parah. Salah satunya adalah dengan sering menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

Pola Makan

Penyebab gigi keropos yang terakhir adalah karena dipengaruhi kaena pola makan. Seringnya mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat akan meningkatkan risiko kerusakan gigi. Jenis makanan tersebut di antaranya seperti coklat, gula, minuman bersoda, roti, dan masih banyak lagi lainnya.

Makanan yang dapat menguatkan dan menyehatkan gigi

Menggunakan teknik menyikat gigi yang benar, menggunakan bahan pencuci mulut, dan sebagainya merupakan hal penting untuk mencegah gigi berlubang. Namun selain itu, ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga agar gigi Anda tetap sehat dan terhindar dari keroposan. Berikut daftar makanan yang perlu Anda ketahui.

  • Susu. Susu  mengandung kalsium, vitamin, dan fosfat yang mampu membantu tubuh dalam memaksimalkan penyerapan nutrisi. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan gigi serta tulang yang kuat. 8 ons susu bebas lemak dapat mengahasilkan 90 kalori. Anda dapat memilih produk susu yang tanpa lemak.
  • Keju. Makanan sehat untuk gigi ini memiliki kasein dan terdapat kandungan yang mampu menetralkan asam di mulut. Bagi Anda yang memiliki masalah gigi berlubang, Anda dapat mengonsumsi sepotong keju berukuran kecil sebagai upaya untuk mencegah pembusukan gigi.
  • Apel. Buah ini dipercaya mampu mengatasi penyebab gigi keropos karena mampu meningkatkan air liur di dalam mulut serta mencegah penumpukan sisa makanan dalam rongga mulut. Selain itu apel juga berguna untuk menggosok permukaan gigi Anda. Selain itu, buah apel juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi apel setelah makan malam sebagai pencuci mulut dan menguatkan gigi Anda.
  • Jeruk. Buah ini kaya akan kalsium, vitamin C, vitamin D, dan nutrisi lain yang baik ntuk kesehatan gigi. Dengan rutin mengonsumsi jeruk maka dapat mencegah mulut dari bakteri yang berbahaya. Bakteri berbahaya tersebut biasanya menjadi penyebab bau mulut.
  • Kacang-kacangan. Ada berbagai jenis kacang yang mengandung vitamin dan mineral untuk kesehatan gigi Anda. Kacang tanah mengandung kalsium serta vitamin D, Kacang mete dapat membantu merangsang air liur, dan kacang kenari mengandung serat dan kaya asam folat.
  •  Teh. Baik teh hitm atau teh hijau memiliki kandungan senyawa yang disebut poliphenol. Kandungan senyawa tersebut dapat membrangus bakteri yang dapat menyebabkan plak dan bau mulut.
  • Air mineral. Ada banyak manfaat dari air mineral atau air putih untuk tubuh, salah satuya adalah untuk merangsang mulut dalam memproduksi air liur. Air putih juga mampu membersihkan sisa makanan ang menempul di permukaan gigi.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab gigi keropos dan makanan makanan untuk kesehatan gigi yang dapat Anda ketahui . Baca juga artikel terkait lainnya Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh.

terms: penyebab gigi keropos di usia muda, cara mengatasi gigi keropos di usia muda, gigi keropos di usia muda, di usia muda semua gigi habis keropos dan patah mengapa ?, gigi rapuh tanda penyakit