Mempercepat Kinerja Android

By Categories : Teknologi

Sistem operasi Android saat ini semakin hari semakin populer di kalangan masyarakat dunia. Harga ponsel yang cukup reltif murah menjadi salah satu alasan kebanyakan orang menggunakan sistem operasi besutan Google tersebut. Namun tidak hanya harga yang cukup terjangkau, tetapi kinerja yang mumpuni. Rata-rata aplikasi yang terdapat pada OS Android dapat diunduh secara gratis, meskipun ada juga yang versi berbayar.

Namun tahukah Anda semakin lama dipakai maka kinerja dari perangkat Android akan menurun, akibatnya maka kinerja akan semakin lambat. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya para pengguna perangkat Android melakukan cara-cara tertentu agar tetap memiliki kinerja yang cepat. Untuk mengetahui cara-cara tersebut, silahkan simak pembahasan di bawah ini!

Mempercepat Kinerja Android

Mempercepat Kinerja Android

Restart Ponsel Anda

Saat penggunaan perangkat terlalu lama biasanya ponsel Android akan panas, dan juga melambatnya kinerja. Kinerja yang cenderung lambat atau lemot tentu akan terasa menjengkelkan apalagi ketika digunakan untuk sesuatu yang bersifat penting dan membutuhkan waktu cepat. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat cara salah satunya adalah restart terlebih dahulu ponsel Android Anda. Dengan me-restart maka history pemakaian otomatis akan hilang, dan ponsel dapat kembali dengan kinerja lebih cepat.

Menghilangkan Aplikasi yang Jarang Digunakan

Mempercepat kinerja Android yang berikutnya menghilangkan aplikasi yang jarang digunakan. Dengan banyaknya aplikasi yang sudah diinstal dan jarang dipakai membuat perangkat Android memiliki beban yang berlebih dan cenderung sia-sia. Aplikasi dengan kapasitas yang cukup berat dapat mempengaruhi kinerja dari ponsel Android. Oleh sebab itu lakukanlah pemeriksaan pada ponsel Anda dan lihatlah aplikasi mana yang jarang dipakai dan kemudian hapuslah atau uninstall aplikasi tersebut guna menghilangkan beban yang ada.

Mematikan Live Walpaper

Penggunaan live wallpaper memang tampak lebih menarik dan enak untuk dilihat. Namun tahukah Anda bahwa penggunaan live wallpaper dapat menyebabkan konsumsi baterai pada ponsel boros akibatnya baterai cepat habis. Di samping itu bagi ponsel dengan spesifikasi minim atau standart penggunaan live wallpaper dapat menyebabkan ponsel menjadi lambat, apalagi masih ditambah beban aplikasi lain. Nah untuk itu jika ponsel Anda lambat saat penggunaan live wallpaper, sebaiknya ganti dengan wallpaper biasa. Baca juga aplikasi launcher android terbaik

Instal Aplikasi Cleaner

Menginstal aplikasi cleaner dapat menjadi alternatif dalam membantu mempercepat kinerja Android Anda. Terdapat banyak aplikasi cleaner yang diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Tujuan utama dari aplikasi tersebut adalah untuk membersihkan file cache yang merupakan file setelah pemakaian berlangsung, dengan membebaskan memori RAM sehingga dapat kembali bekerja lebih cepat saat digunakan.

Mematikan Aplikasi yang Berjalan pada Background

Mematikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang menjadi cara berikutnya dalam mempercepat kinerja Android. Biasanya perangkat Android setelah aplikasi digunakan walaupun sudah ditutup tidak sepenuhnya aplikasi tersebut sudah hilang. Namun biasanya aplikasi masih berjalan di latar belakang, akibatnya aplikasi dapat bertumpuk-tumpuk jika membuka aplikasi lainnya. Untuk mengatasi histori pemakaian tersebut sebaiknya untuk menghilangkan dengan melihat aplikasi yang sedang berjalan pada manager aplikasi.

Itulah tadi beberapa cara sederhana untuk mempercepat kinerja Android yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel Mengatasi Susah Tidur