Membuat Alat Musik Sederhana Dengan Barang Bekas

By Categories : Umum

Bagi sebagian orang, bermain musik merupakan hal yang paling menyenangkan. Tak jarang tidak sedikit dari mereka membeli peralatan musik yang mahal dan khursus atau les di tempat musik. Namun itu mungkin bagi kalangan yang mempunyai biaya lebih. Lalu bagaimana dengan anak yang kurang mampu jika ingin bermain musik?

Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya semua barang yang ada di rumah dapat dijadikan sebagai alat musik. Tentu saja perlu kreativitas untuk membuat alat musik sederhana dengan barang bekas. Ada berbagai macam alat musik yang dapat Anda buat. Namun, hal yang paling mudah adalah membuat perkusi dari barang-barang rumah tangga.

Membuat Alat Musik Sederhana Dengan Barang Bekas

Anda dapat menggunakan galon air, panci, ataupun ember plastik. Selain barang-barang rumah tangga, Anda juga dapat menggunakan perlengkapan bangunan seperti kaleng bekas cat, paralon, dan drum bekas aspal jalan. Semua peralatan yang dipakai adalah barang bekas yang berubah fungsi.Untuk menyetel nada perkusi yang telah dibuat biasanya perkusi dari bahan-bahan rumah tangga ditempel lakban di sekeliling peralatan. Hal ini bertujuan agar suara yang dihasilkan perkusi tersebut lebih nyaring.

Sebagai alat pemukul, Anda dapat menggunakan stik atau tongkat. Biasanya untuk memukul peralatan perkusi yang terbuat dari bahan seperti drum, ujung tongkat atau stik dapat Anda tutup dengan busa keras agar terdengar lebih empuk.

Hal yang unik adalah saat penyetelan satu set alat perkusi. Untuk menghasilkan suara yang selaras, perlu waktu yang tidak sedikit. Anda harus cermat dan sabar untuk menyetel peralatan perkusi dari barang bekas ini. Untuk mengatur nada yang dihasilkan Anda dapat menempekan beberapa lakban tadi.

Membuat alat musik sederhana dari barang bekas ini banyak manfaatnya, antara lain :

  • Ramah lingkungan, munggunakan barang-barang bekas untuk menghasilkan alat musik yang menarik dan bagus berarti ikut membantu menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu Anda juga dapat mengasah kreativitas Anda sampai sejauh mana Anda dapat membuat berbagai alat musik dari barang bekas.
  • Mengurangi sampah anorganik, dengan menggunakan bekas botol, kaleng sebagai alat musik, Anda dapat membantu mengurangi sampah anorganik yang susak diurai.Sekarang, banyak para pemusik pemula yang menggunkan barang-barang bekas sebagai alat musik terutama perkusi. Bahkan tidak sedikit yang sudah dikenal oleh masyarakat seperti contohnya Tataloe Perkusi yang merebah di musik tanah air dengan menggunakan perkusi barang bekasnya.

terms: contoh alat musik perkusi dari barang bekas, alat musik sederhana buatan sendiri, alat musik dari barang bekas, alat musik dari barang bekas dan cara membuatnya, alat musik perkusi dari barang bekas