Membincangkan Soal Detik Kabisat, Ada yang Tahu?

By Categories : Pendidikan

Membincangkan Soal Detik Kabisat, Ada yang Tahu? – Pembaca Dbagus.com apakah pernah mendengar istilah detik kabisat? Jika belum tahu, simak artikel singkat ini ya. Karena pada penambahan waktu tersebut, telah kembali diberlakukan 30 Juni 2015 kemarin. Dengan penambahan 1 detik itulah, sekarang dalam satu hari jadinya 24 jam + 1 detik.

Membincangkan Tentang Detik Kabisat, Ada yang Tahu?

Menanggapi hal ini, Prof. Thomas Djamaluddin (Kepala LAPAN) mengatakan demikian, “Nantinya setelah detak pukul 23.59.59, bukan pukul 00.00.00. Akan tetapi 23.59.60 dulu. Nah, pada setelahnya baru pukul 00.00 atau pergantian masuk tanggal 1 Juli,” katanya ketika dihubungi, di hari sebelumnya yakni Senin (29/6/2015) melalui telepon.

Membincangkan Soal Detik Kabisat, Ada yang Tahu

Kenapa perlu adanya penambahan detik? Menurut Djamaluddin, hal ini demi menyesuaikan antara waktu di bumi dengan jam atom. Seperti kita ketahui, keberadaan jam atom adalah untuk dasar dalam mendefinisikan waktu dari detik, tidak lagi berdasarkan putaran bumi.

“(Tidak lagi memakai perputarann bumi) karena adanya perbedaan dalam jam matahari dengan jam atom. Misalnya pada 40 tahun, perbedaannya mencapai 25 detik. Hal itu telah dilakukan penyempurnaan yang bertingkat dengan rentang waktu yang tidak sama. Untuk melakukan penyesuaian, tanggal 30 Juni atau juga 31 Desember biasanya yang dipilih,” terang Prof. Djamaluddin.

Latar belakang diputuskannya penambahan waktu 1 detik ini berawal dari kantor Pusat untuk Rujukan Sistem dan Layanan Rotasi Bumi yang berada di Paris, Prancis. Penemuan mengenai penyimpangan waktu sampai dengan 1 detik tersebut, pada akhirnya menjadikan lembaga tersebut memutuskan agar waktu yang ada sekarang ditambah 1 detik.

Perlu diketahui juga, kejadian yang sama seperti ini (yakni detik kabisat) terjadi di tahun 2012.

Prof. Djamaluddin menambahkan bahwa adanya penambahan waktu 1 detik khusus pada Selasa (30 /6) kemarin, tak akan berpengaruh secara khusus bagi masyarakat. Pun, penambahan waktu satu detik itu telah diumumkan secara resmi beberapa waktu lalu langsung oleh Kantor Pusat Rujukan Sistem dan juga Layanan Rotasi Bumi yang berada di Paris.

“Pengaruh secara langsung biasanya adalah pada sistem waktu dengan catatan yang akurat semacam penentuan navigasi GPS.” sambungnya.

Nah, itulah mengenai detik kabisat. Semoga yang singkat ini bisa menginspirasi anda. Pada dasarnya, tidak ada yang abadi di dunia. Bahkan mengenai hitungan waktu juga tidak tetap seperti yang kita bayangkan selama ini.

loading...
terms: penentuan detik kabisat