Memahami Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

By Categories : Umum

Memahami tanggung jawab sosial perusahaan penting dipahami oleh semua pemilik perusahaan agar kinerja perusahaan bisa berjalan dengan sehat dan berkesinambungan. Tanggung jawab social perusahaan atau yang biasa dikenal dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan sebuah bentuk tanggung jawab baik kepada karyawan, konsumen, seluruh pemegang saham, bahkan kepada komunitas serta lingkungan. Tujuan CSR adalah agar perusahaan tidak hanya memikirkan dampak dalam aspek ekonomi, yang dalam hal ini adalah keuntungan yang akan diperoleh perusahaan, namun perlu juga mengelola aspek social dan lingkungan yang, yang diakibatkan oleh berbagai kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh perusahaan.

Tanggung jawab sosial perusahaan

Kebijakan CSR ini memiliki cakupan yang sangat luas. Sebagai contoh, perlakuan yang buruk terhadap karyawan pada suatu perusahaan tentu akan membuat perusahaan tersebut dipertanyakan kredibilitasnya. Memperlakukan karyawan dengan baik dan diikuti dengan suasana kekeluargaan merupakan salah satu tanggung jawab social perusahaan. Selain itu, meningkatkan kualitas keahlian karyawan dengan memberikan pendidikan adalah gambaran tanggung jawab social perusahaan yang ideal.

Kualitas barang yang diproduksi oleh suatu perusahaan juga bentuk tanggung jawab social perusahaan terhadap konsumen. Konsumen yang menggunakan suatu barang atau produk keluaran suatu perusahaan berhak untuk mendapatkan hak-hak konsumen, yaitu mendapatkan barang sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Jika barang yang diproduksi berada di bawah standar, bahkan ada yang mengalami cacat produksi maka perusahaan wajib untuk mempertanggungjawabkannya.

Mengetahui lebih lanjut tentang tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan, maka perusahaan wajib mengelola limbah pembuangan berdasarkan standar yang sudah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan terjadinya kerusakan lingkungan, yang nantinya akan berpengaruh terhadap siklus makhluk hidup yang tinggal pada lingkungan berdampak. Akibat dari kerusakan lingkungan yang bisa ditimbulkan oleh limbah produksi yang dibuang sembarangan sangat banyak, dan dampak tersebut merupakan dampak negatif yang wajib kita hindari. Lingkungan yang sudah tercemar akan sangat sulit untuk direhabilitasi, karena pada umumnya limbah pabrik mengandung banyak zat-zat kimia yang tentunya sangat berbahaya jika terus dibiarkan begitu saja.

Bentuk tanggung jawab social perusahaan lainnya yaitu menciptakan proyek komunitas seperti membantu memberikan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu, mendorong para karyawan mereka untuk ikut berperan aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan masyarakat, mendanai berbagai proyek yang bersifat untuk masyarakat umum, membuka lapangan kerja positif untuk memberdayakan masyarakat sehingga lebih produktif dan aktif.

Segala kepentingan di atas tentu merupakan sebuah dinamika roda kehidupan bagi suatu perusahaan, yang mana keuntungan yang dihasilkan merupakan keuntungan yang bersifat simbiosis mutualisme, yang artinya sama-sama untung dan tidak ada yang dirugikan, sehingga eksistensi mereka bisa terus dipertahankan. Hal inilah yang merupakan gambaran perusahaan ideal yang sedang dikembangkan. Di Indonesia kini banyak perusahaan yang berlomba-lomba mencapai aspek tersebut sehingga mereka bisa menjadi perusahaan yang memang bisa dibanggakan.