Memahami Pergaulan Islami dalam Era Globalisasi

By Categories : Pendidikan

Memahami pergaulan Islami dalam era Globalisasi sangat penting bagi generasi pemuda pemudi penerus bangsa agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas tanpa mengenal dosa. Sebelum membahas lebih jauh mengenai pergaulan Islami, ada baiknya kita memahami dahulu latar yang mendasari pergaulan Islami. Seperti kita ketahui, 80persen warga Negara Indonesia adalah warga Negara penganut agama Islam, yang tentu saja membuat Negara Indonesia sebagai Negara dengan mayoritas umat Muslim terbesar di dunia. Sayangnya, dengan predikat sebagai Negara beragama, banyak masyarakat Indonesia yang lupa apa sebenarnya makna dari kehidupan beragama itu.

pergaulan islami di era globalisasi

Banyak warga Muslim Indonesia yang memiliki pemikiran kurang terbuka. Sebagai contoh, banyak saudara kita yang terdoktrin bahwa orang barat adalah bangsa yang jahat, orang barat selalu berpakaian terbuka dan masih banyak lagi. Namun tahukah anda, bahwa pikiran itu salah. Tidak semua orang barat itu jahat, mereka adalah sama seperti Indonesia, mereka juga manusia yang memiliki akal dan hati nurani. Jika ada yang salah itu adalah ulah oknum-oknum yang memang tidak bertanggung jawab seperti yang terjadi di Indonesia.

Anda juga tidak mau kan diberitakan oleh Negara lain, Indonesia itu jahat. Padahal yang jahat hanyalah oknum-oknum tertentu. Tidak semua orang Indonesia itu koruptor. Untuk itu, kita sebagai umat Muslim, pola pikir untuk saling menghargai dan memperbaiki sangatlah dibutuhkan bagi bangsa ini. Sementara pandangan bahwa orang barat suka pakaian terbuka, sebaiknya anda pergilah ke Eropa atau Amerika dan saksikan sendiri cara berpakaian mereka. Yang kebetulan disorot berpakaian terbuka adalah artis, sementara orang biasa tentu saja berpakaian sopan. Kita tidak perlu saling menyalahkan antar agama lain, memaki orang lain, atau menghakimi orang lain karena kita tidak lebih suci dari orang yang kita hakimi. Untuk itu memperbaiki diri sendiri dan membantu tanpa membedakan agama adalah hal terbaik untuk menciptakan kehidupan yang jauh lebih baik.

Untuk itu, pentingnya memahami pergaulan Islami dalam era Globalisasi bisa kita lakukan dengan langkah-langkah berikut ini,

  1. Bagi perempuan, gunakan hijab sebagai penutup aurat, bukan fashion. Dalam era globalisasi, banyak perempuan mengalih fungsikan hijab sebagai fashion. Tentu hal ini harus diluruskan, karena dengan fashion anda tentu tetap menarik dimata lawan jenis, padahal fungsi hijab menghindarkan anda dari rasa tertarik oleh lawan jenis.
  2. Saling menghargai dan menghormati mereka yang berbeda keyakinan tanpa melupakan norma-norma agama.
  3. Berpakaian sopan dan tidak ketat merupakan langkah yang baik jika anda belum siap menjalankan cara berpakaian sesuai syariah.
  4. Memperluas wawasan dan pergaulan tanpa membedakan suku, ras dan agama, agar bisa menjadi seorang Muslim moderat, yang artinya modern namun tetap Islami.
  5. Selalu menghormati orang tua dan menjaga tingkah laku berdasarkan norma-norma yang ada, baik norma agama maupun norma-norma yang ada di dalam masyarakat kita.

terms: pergaulan dalam era globalusasi