Mau Kredit Rumah Murah? Perhatikan Tips Ini!

By Categories : Tips

Memilih kredit rumah KPR saat ini menjadi hal yang gampang-gamang susah. Hal ini karena banyaknya kredit KPR murah yang menawarkan hunian menarik. Masing-masing tentu memiliki cara tersendiri yang mampu memikat calon konsumen. Agar Anda tidak salah pilih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kredit rumah murah.

Kredit Rumah Murah

Berikut tips memilih kredit rumah murah

  • Reputasi bank dan pengembang merupakan investasi jangka panjang. Sehingga dalam hal ini Anda harus benar-benar memilih pihak-pihak yang terpercaya kredibilitasnya. Jangan ragu untuk bertanya atau mengetahui informasi sedetail mungkin tentang bank atau pengembang rumah KPR tersebut.
  • Perhatikan bunga KPR yang ditawarkan. Ini karena besaran bunga akan berpengaruh terhadap angsuran yang Anda bayar tiap bulan. Anda disarankan memilih bank dengan memiliki bunga rendah. Umumnya pihak bank akan menetapkan bunga tetap untuk beberapa tahun pertama dan bunga mengambang untuk tahun-tahun berikutnya. Agar mendapatkan kredit rumah murah, Anda jangan sungkan untuk menanyakan besaran bunga antara nasabah baru dan lama. Hal ini untuk membandingkan jika pihak bank memberlakukan bunga mengambang karena bunga bisa naik sewaktu-waktu.
  • Anda disarankan untuk memperhatikan jangka waktu kredit maksimal. Jika memilih waktu pinjaman 10 tahun dan Anda mendapatkan bunga tetap selama satu tahun maka ini akan merugikan Anda. Banyak bank yang masih takut memperkecil jangka waktu peminjaman. Ini dilakukan bank untuk mewaspadai tingkat pengangsuran.

baca juga Tips Jual Rumah dengan Harga Tinggi

  • Pilihlah KPR dengan rumah ready stock. Waspadai pengembang yang menawarkan kredit rumah murah dalam bentuk tanah kosong. Hal ini untuk menghindari biaya berlebih seperti biaya kontruksi. Selain itu, biasanya waktu penyelesaian pembangunan tidak sesuai dengan target awal. Untuk itu, Anda disarankan memilik KPR dengan rumah yang sudah jadi agar terhindar dari resiko tersebut.
  • Perhatikan dengan baik persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan dari pihak terkait sehingga tidak terjadi masalah dikemudian hari. Pastikan Anda melengkapi ketentuan dan persyaratan yang berlaku, sehingga permohonan kredit rumah murah akan lebih mudah diproses.
  • Sebaiknya sebelum Anda memilih KPR, Anda datang ke Bank untuk berkonsultasi mengenai rencana tentang kredit rumah KPR. Biasanya pihak Bank akan memberikan alternatif rumah sesuai dana yang Anda punya. Yang perlu diperhatikan adalah ungkapkan keinginan dan kendala kepada pihak Bank. Karena dalam hal ini Bank adalah sebagai konsultan keuangan Anda. Setelah Anda mendapatkan saran untuk kredit rumah murah, Anda akan lebih yakin memilih KPR rumah.
  • Pada awal perjanjian dengan pengembang, Anda hanya terikat dengan PPJB (Perjanjian Pengikat Jual Beli), belum ada sertifikat jual beli. hal ini karena sesuai dengan peraturan pemerintah jika akta jual beli akan diberikan setelah proses pembangunan rumah mencapai 75%.

baca juga Tips Memilih Dekorasi Rumah Minimalis