Masakan Khas Padang yang Wajib Anda Coba

By Categories : Umum

Berbicara tentang makanan pastinya ada beberapa banyak makanan khas yang berasal dari Indonesia salah satunya yaitu masakan khas Padang. Tak hanya bisa ditemui di daerah Sumatera Barat saja. Seperti yang Anda ketahui masakan khas Padang merupakan salah satu masakan yang hampir Anda temui seluruh kota Indonesia. Masakan khas Padang biasanya didominasi dengan rasa yang pedas dan bersantan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi tentang beberapa masakan khas Padang yang wajib Anda coba. Berikut ulasannya!

Masakan Khas Padang

Rekomendasi Masakan khas Padang

Rendang

Masakan khas Padang yang pertama adalah rendang atau rendang. Siapa yang tidak mengenal masakan yang satu ini? Selain masakan khas Padang, rendang juga merupakan salah satu masakan terlezat di dunia versi CNN. Biasanya masakan yang satu ini berbahan dasar dari daging sapi. Namun seiring dengan perkembangan zaman, ada beberapa makanan yang dapat diolah menjadi rendang seperti telur, belut, ayam, ikan dan juga hati. Berdasarkan olahannya, rendang terbagi menjadi dua macam yaitu rendang kering dan rendang basah. Rendang kering pada umumnya memiliki warna cokelat tua dan tahan lama. Sedangkan rendang basah warnanya kuning kecoklatan dan tak tahan lama.

Sate Padang

Salah satu perbedaan antara sate Padang dengan sate pada umumnya adalah sausnya. Sate Padang merupakan masakan yang diolah dengan resep dan bumbu khusus dari Padang. Biasanya sate Padang menggunakan daging sapi yang dipotong dadu kemudian disiram dengan saus pedas di atasnya. Untuk sausnya sendiri umumnya berwarna kuning yang terbuat dari campuran tepung beras, kaldu jeroan pedas, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jinten, bubuk kari, kunyit, jahe dan sedikit garam. Masakan yang satu ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Dendeng Balado

Masakan khas Padang selanjutnya adalah dendeng balado. Dendeng merupakan irisan dari daging kering. Sedangkan balado adalah salah satu sambal khas dari daerah Minang. Seperti yang Anda ketahui, dendeng balado atau dendeng batotok merupakan makanan yang paling populer di Indonesia. Selain nikmat untuk dikonsumsi, masakan yang satu ini pun dapat bertahan lama karena bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi dikeringkan terlebih dahulu baru kemudian diolah menjadi dendeng balado.

Kalio Dagiang

Jika Anda sering menyantap hidangan khas Padang, tentunya tidak lengkap jika belum menikmati Kalio Dagiang. Selain memiliki rasa yang dapat menggoyang lidah para penikmatnya, Kalio Dagiang juga memiliki kandungan kalori dan nutrisi yang tinggi. Masakan yang satu ini merupakan sebuah gulai yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah dan juga cabai yang kemudian direbus dengan waktu yang cukup lama agar bumbu meresap sempurna dan tentunya tekstur daging menjadi semakin empuk.

Nah itulah beberapa macam masakan khas Padang yang wajib Anda coba. jika Anda sudah bosan dengan masakan tersebut, Anda juga dapat mencicipi masakan yang lain seperti, pala ikan, gulai cancang atau juga asam padeh. Baca juga Makanan yang bagus untuk sarapan.

terms: makanan wajib coba di padang