Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Makanan

Yoghurt terbuat dari susu yang telah mengalami proses fermentasi bakteri yang baik untuk kesehatan tubuh. Pada umumnya susu yang digunakan untuk pembuatan Yoghurt adalah berasal dari susu sapi. Namun ada juga susu kedelai yang dijadikan sebagai salah satu bahan untuk pembuatan Yoghurt. Jenis makanan yang satu ini banyak disukai kebanyakan orang karena beraneka rasa olahan seperti rasa vanilla, coklat, serta campuran ekstrak dari buah-buahan.

Salah satu keunikan dari Yoghurt adalah memiliki tekstur yang lembut meskipun terdapat sedikit rasa asam di dalamnya. Kandungan di dalam Yoghurt sendiri seperti mineral, protein, vitamin B yang dibutuhkan untuk tubuh. Bagi sebagian orang yang memiliki alergi terhadapĀ susu maka jenis olahan yang satu ini bisa dijadikan sebagai solusi.

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh

Ini dikarenakan Yoghurt memiliki struktur aktosa yang sudah dirusak oleh bakteri, sehingga aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang alergi terhadap susu. Nah untuk mengetahui lebih lanjut lagi apa saja manfaat mengenai Yoghurt untuk kesehatan, berikut ini ada beberapa manfaat Yoghurt untuk kesehatan tubuh seperti yang dilansir beberapa sumber di internet!

Berikut Beberapa Manfaat Yoghurt untuk Tubuh

Mengandung Bakteri yang Baik untuk Kesehatan

Seperti pada penjelasan di atas bahwa Yoghurt memiliki bakteri yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan seperti Probiotik atau kultur aktif dalam Yoghurt baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk saluran pencernaan tubuh. Dalam dunia medis probiotik berguna untuk melawan berbagai mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan permasalahan pada pencernaan seperti usus dan organ lainnya.

Menjaga Kesehatan Tulang Tubuh

Manfaat Yoghurt yang berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Permasalahan tulang seperti Osteoporosis(pengeroposan tulang) biasa terjadi ketika usia semakin senja. Untuk itu alangkah baiknya mulai menjaga kesehatan tulang sejak muda. Menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi Yoghurt serta mendapatkan asupan vitamin D.

Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih menjadi suatu hal yang tidak diinginkan setiap orang. Oleh sebab itu bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara. Salah satu cara untuk melakukan diet yang sehat adalah dengan berolahraga dan diimbangi dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan tentunya Yoghurt. Berdasarkan penelitian International Journal of Obesity kandungan kalsium di dalam Yoghurt membantu memproses lemak dalam tubuh. Hal ini berguna bagi mereka yang memiliki lemak berlebih, sehingga terlihat ramping dan menurunkan berat badan.

Kaya akan Kandungan Nutrisi

Yoghurt dapat Anda tambahkan ke dalam menu makanan setiap harinya. Seperti pada penjelasan di atas bahwa Yoghurt memiliki kandungan banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi-nutrisi tersebut diantaranya seperti fosfor, yodium, seng, vitamin B5, B12, kalium, kalsium, riboflavin yang semuanya baik untuk tubuh dan berfungsi untuk menjaga sistem saraf dan sel-sel dalam tubuh.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat Yoghurt untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat lainnya dari olahan yang berasal dari susu seperti mudah untuk dicerna, baik untuk kesehatan kulit, serta mampu menurunkan tekanan darah tinggi.