Manfaat Yoga untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Olahraga dibutuhkan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuh, agar tubuh terlihat segar dan bugar. Terdapat berbagai macam olehraga yang dapat dilakukan sesuai dengan kesukaan setiap orang. Misal saja yoga, yoga merupakan olahraga yang dapat menyeimbangkan raga dan juga pikiran sehingga akan menimbulkan keserasian.Nah bagi Anda yang ingin mengetahui apa sesungguhnya manfaat yoga untuk kesehatan, simak ulasan dibawah ini!

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Dapat Mengendalikan Hipertensi

Dengan menggunakan teknik relaksasi yoga maka seseorang mampu memiliki efek positif pada tekanan darahnya. Diperlukan latihan yang teratur untuk mendapatkan hasil yang baik. Dengan berbagai teknik seperti teknik padmasana, padmasana Baddha, dan gabungan teknik lainnya membuat tekanan darah dapat terkendali, alhasil Anda dapat mengendalikan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebuah studi menyatakan manfaat dari yoga ini mampu mengontrol tekanan dalam darah.

Yoga untuk Jantung yang Lebih Sehat

Dengan adanya gaya hidup sehat dan diimbangi dengan melakukan yoga maka dapat berakibat baik dalam menjaga kesehatan jantung. Salah satu pose dalam yoga untuk kesehatan jantung adalah pose pranayama dan juga pose Ujjayi pranayama. Hal ini ditunjukkan dengan adanya studi yang menyatakan bahwa orang yang menderita penyakit arteri koroner berkurang drastis dengan adanya hidup sehat dan melakukan olah yoga secara teratur.

Mampu Mengendalikan Diabetes

Latihan yoga secara teratur ternyata mampu mengendalikan penyakit diabetes. Beberapa pose dalam yoga mampu membantu dan mengendalikan penyakit diabetes. Pose tersebut diantaranya adalah gomukhasana, koormasana, dan berbagai pose lainnya. Hal-hal tersebut semakin menguat dengan adanya tes yang dilakukan pada penderita diabetes yang melakukan olah yoga dengan menunjukkan hasil yang positif.

Mampu Meredakan Nyeri pada Punggung

Manfaat yoga untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mampu meredakan nyeri pada punggung. Yoga memang dapat menguntungkan setiap orang yang melakukannya. Beberapa pose dalam yoga seperti pose gunung, pose papan, pose merpati, dan berbagai pose lainnya dapat mengurangi rasa sakit pada punggung bagian bawah. Baca juga artikel Psikologi Anak Balita

Mampu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang menjalankan program diet alangkah baiknya untuk diimbangi dengan berolahraga, salah satunya adalah dengan cara menurunkan berat badan. Pose namaskara, trikonasana, dan juga hasthasana dapat menurunkan berat badan, sehingga Anda mendapatkan tubuh yang ideal.

Pernapasan yang Baik untuk Penderita Asma

Penyakit pernapasan seperi asma merupakan penyakit bawaan sejak lahir. Penyakit asma ini mampu disembuhkan dengan berbagai cara, untuk cara yang sehat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan juga melakukan olahraga seperti yoga. Pose pranayama dalam yoga mampu membantu pernapasan dengan baik bagi penderita asma dan juga bronchitis. Selain itu terdapat berbagai pose lainnya yang juga dapat membantu.

Membantu Gangguan pada Perut

Masalah lambung dapat dikurangi juga dengan cara berlatih yoga. Pose seperti Asana dapat membantu dalam mengendalikan masalah pada lambung, otot bagian perut, dan juga memperlancar saluran. pencernaan, Pada pose ini dilakukan dengan cara membungkuk ke depan, di mana harus menyentuh kaki tanpa menekuk lutut.

Itulah tadi pembahasan mengenai Manfaat Yoga untuk Kesehatan, baca juga artikel menarik lainnya Bahan Pengawet Alami