Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil: Untuk Kesehatan Hingga Melancarkan Persalinan

By Categories : Kesehatan

Manfaat yoga untuk ibu hamil sebenarnya ada banyak sekali, mulai dari untuk menjaga kesehatan hingga untuk melancarkan persalinan. Nah bagi Anda yang sering melakukan yoga, bersyukurlah sebab manfaat yoga sangat baik untuk kesehatan dan kehamilan Anda. Daripada penasaran,  simak saja ulasan berikut ini.

Hamil dan melahirkan adalah moment terindah bagi pasangan suami istri. Sebab dengan begitu keluarga akan menjadi semakin lengkap dan indah. Saat hamil, para calon ibu tentu saja harus memperhatikan kesehatan diri sendiri dan calon bayi. Untuk menjaga kesehatan tubuh, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, memenuhi asupan nutrisi dan gizi serta berolahraga secara teratur.

Olahraga yang aman dilakukan ibu hamil diantaranya adalah berenang, jalan kaki, sepeda statis hingga yoga. Dari beberapa olahraga tersebut, yogalah yang paling diminati para ibu hamil. Sebab selain menyehatkan yoga juga dapat menenangkan ibu hamil dan menghindarkan dari stres serta depresi. Beberapa gerakan yoga untuk ibu hamil yang bisa dilakukan adalah gerakan seperti duduk bersila, berbaring, merangkak, berbaring terlentang hingga berbaring miring.

Jika tertarik melakukan olahraga ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, mencari kelas yoga yang cocok untuk ibu hamil, serta memilih kelas yang menawarkan gerakan modifikasi sesuai dengan kondisi. Lantas apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin yoga? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.manfaat-yoga-untuk-ibu-hamil

Inilah Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Menjaga Kesehatan Tubuh Ibu dan Calon Bayi

Yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan calon bayi. Seperti yang kita ketahui, ketika janin bertambah usia pastinya berat badan janin akan bertambah. Hal ini akan membuat ibu hamil cepat merasakan capek, lesu dan kurang tenaga. Namun tak perlu khawatir sebab Anda bisa mengatasi hal ini dengan melakukan yoga.

Yoga yang Anda lakukan dapat membantu kelenturan otot, keseimbangan tubuh, sirkulasi darah serta mencegah depresi. Selain itu, senam yoga secara teratur ketika hamil juga dapat membuat tubuh lebih fit dan sehat.

Baca juga manfaat yoga untuk kesehatan

Mengatasi Insomnia

Berat badan janin yang semakin bertambah, tak jarang calon ibu akan mengalami insomnia ketika malam hari. Jika tidak segera diatasi, hal ini tentu saja dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan ibu lebih mudah terserang penyakit. Namun dengan senam yoga Anda bisa mengatasi hal ini dengan mudah.

Melakukan yoga secara rutin setiap 1 sampai 2 kali dalam seminggu dapat membuat tidur Anda semakin nyaman. Sebab yoga yang Anda lakukan akan melatih pernapasan sehingga dapat menciptakan ketenangan pada tubuh. Hal ini tentu saja dapat membuat istirahat Anda lebih nyaman dan tenang.

Melancarkan Persalinan

Berikutnya adalah untuk melancarkan persalinan. Setelah 9 bulan lebih mengandung, maka akan tiba saatnya untuk melahirkan sang buah hati. Setiap ibu hamil pastinya menginginkan persalinan secara normal jika dibandingkan dengan caesar. Sebab persalinan normal akan membuat Anda menjadi seorang ibu yang sesungguhnya.

Ketika latihan Anda dilatih untuk mengatur pernapasan, melemaskan dan menguatan otot serta latihan proses persalinan. Sehingga dengan melakukan yoga, dapat membuat persalinan normal Anda lebih mudah dan lancar.

Baca juga ketahuilah penyebab bayi lahir prematur berikut ini

Menurunkan Risiko Bayi Lahir Prematur

Manfaat yoga untuk ibu hamil selanjutnya adalah menurunkan risiko bayo lahir prematur. Ilmuwan di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center dan Vivekananda Yoga Research Foundation di India melakukan penelitian terhadap 335 ibu hamil  yang secara rutin yoga selama satu jam sehari ataupun yang hanya berjalan kaki sejam setiap harinya selama trimester kedua dan ketiga.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang rutin beryoga menunjukkan risiko lebih rendah dalam hal kelahiran prematue dibandingkan yang hanya berjalan kaki. Selain itu, ibu hamil yang rutin beryoga juga memiliki tekanan darah yang lebih stabil serta perkembangan janin juga lebih sehat.

Relaksasi

Manfaat berikutnya adalah berguna agar ibu hamil tetap rileks dan tenang. Namun meskipun begitu, orang terdekat seperti suami juga berperan penting dalam menjaga emosi ibu hamil. Oleh karena itu, mintalah suami untuk lebih peduli, lebih perhatian dan lebih empati ketika istri hamil. Dukungan suami dan orang terdekat merupakan hal yang sangat penting.

Baca juga gerakan senam ibu hamil untuk melancarkan persalinan

Nah itulah beberapa manfaat yoga untuk ibu hamil. Selain melakukan yoga, Anda juga harus memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Sebaiknya hindarilah gula dan geram berlebih sebab dapat meningkatkan kadar gula darah serta menyebabkan pembengkakan kaki ketika hamil. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi buah dan sayur terutama yang organik untuk mencukupi kebutuhan gizi.