Manfaat Tomat untuk Perawatan Wajah

By Categories : Wanita

Buah tomat merupakan tanaman buah yang berasal dari Amerika Selatan yang kaya akan manfaat mengingat kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Bahkan, karena manfaat buah tomat yang begitu besar ini sampai-sampai di Prancis buah tomat ini dinamakan Apel Cinta. Tomat memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan antara lain mengatasi kanker rahim, menurunkan risiko gangguan jantung, menyehatkan liver, dan masih banyak lagi. Buah tomat bahkan memiliki khasiat yang tak kalah hebat juga untuk kecantikan wajah. Berikut akan kami paparkan sedikit tentang manfaat tomat untuk wajah.

Tomat untuk Perawatan Wajah

Khasiat Tomat untuk Wajah

1. Membantu mengatasi masalah jerawat

Manfaat buah tomat yang pertama yakni membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Hal ini dikarenakan buah tomat kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C sehingga dapat membantu menyembuhkan jerawat secara alami. Anda dapat menggunakan buah tomat ini sebagai masker. Haluskan buah tomat segar hingga benar-benar halus dan oleskan secara merata pada wajah. Biarkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin hingga bersih.

2. Mengecilkan pori-pori

Manfaat buah tomat yang kedua yakni buah tomat berguna untuk mengecilkan pori-pori. Salah satu penyebab kulit wajah yang cepat terlihat kusam dan kering adalah karena adanya pori-pori yang besar pada wajah sehingga kotoran dan debu dengan mudahnya masuk ke wajah. Untuk mengatasi pori-pori yang besar pada wajah yakni dengan menggunakan campuran jus tomat kira-kira satu sendok dengan air perasan jeruk nipis lalu gunakan sebagai masker kurang lebih sepuluh menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur dua kali seminggu.

3. Menghilangkan komedo

Manfaat buah tomat untuk wajah selanjutnya yakni membantu menghilangkan komedo pada wajah. Komedo yang tidak rutin dibersihkan pada beberapa bagian wajah dapat menimbulkan wajah kusam dan terasa kasar. Sedikit banyak hal ini akan mengganggu penampilan. Salah satu alternatif alami untuk mengatasi komedo yang membandel yakni dengan menghaluskan buah tomat dan alpukat lalu gunakan sebagai masker pada wajah. Pijat-pijat wajah selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

4. Membantu mengatasi kulit wajah yang berminyak dan menyamarkan noda hitam

Manfaat buah tomat selanjutnya yakni dapat mengatasi kulit wajah yang berminyak dan noda atau flek hitam pada wajah. Kandungan vitamin C dan vitamin A serta peran asam amino dalam buah tomat cukup efektif dalam mengatasi kadar minyak pada kulit wajah.

5. Dapat digunakan sebagai tabir surya

Manfaat buah tomat yang terakhir yakni dapat digunakan sebagai tabir surya. Bagi anda yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan, cobalah gunakan tomat sebagai tabir surya. Caranya yakni dengan menghaluskan tomat dengan yoghurt dan gunakan sebagai masker alami pada wajah. Oleskan secara merata pada wajah dan leher, diamkan selama 20 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin hingga bersih.

Demikian sedikit ulasan yang bisa kami berikan untuk Anda mengenai manfaat tomat untuk wajah Anda. Semoga bermanfaat.

Loading...