Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Di Indonesia tomat sangat mudah untuk dijumpai. Terkadang orang salah mengartikan bahwa tomat adalah sejenis buah-buahan. Padahal, tomat sendiri termasuk ke dalam tanaman jenis sayur-sayuran. Banyak sekali nutrisi di dalam tomat yang baik untuk tubuh, antara lain :

  1. Air
    Tomat mengandung banyak air sehingga sangat baik untuk kesehatan. Selain itu tomat sangat segar untuk dimakan. Hal ini yang membuat orang mengira bahwa tomat termasuk jenis buah padahal tidak.
  2. Protein
    Jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein, maka berat badan Anda akan seimbang. Protein juga baik untuk mementuk otot tubuh.
  3. Lemak
    Tidak perlu khawatir karena lemak yang terkandung dalam tomat hanya 0,1 gr.
  4. Serat
    Tomat juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan Anda.
  5. Kalori
    Jika Anda mengonsumsi 100 gr tomat maka akan menghasilkan 21 kalori.
  6. Kapur
    Kapur dapat berguna untuk membentuk otot dan urat syaraf.
  7. Fosfor
    Fosfor dapat menjaga kekuatan tulang Anda agar tidak rapuh.
  8. Mengandung banyak vitamin
    Vitamain yang terdapat di dalam tomat yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui nutrisi yang terdapat di dalam tomat, Anda juga harus mengetahui manfaat tomat bagi kesehatan tubuh.

  • Manfaat tomat untuk wajah
    Sudah tidak asing lagi jika tomat digunakan untuk perawatan wajah. Tomat dipercaya untuk menjaga kelembaban wajah. Selain itu, tomat juga dapat digunakan untuk memutihkan wajah. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit yang cerah, menghonsumsi tomat sangat dianjurkan.
  • Manfaat tomat untuk diet
    Tomat mengandung kalori dan lemak yang sangat kecil sehingga tomat dapat menjadi pilihan untuk program diet. Apalagi jika Anda mengonsumsi setiap hari dan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak. Dipastikan Anda akan mendapatkan tubuh yang ideal dan langsing.
  • Manfaat tomat untuk ibu hamil
    Ibu hamil sangat rentan terkena penyakit, sehingga dengan mengonsumsi tomat akan menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. Selain itu kebiasaan ibu hamil adalah sering sembelit. Dengan mengonsumsi tomat maka akan memperlancar saluran pencernaan.
  • Manfaat tomat untuk mata
    Tomat mengandung vitamin A, sehingga mampu mempertajam penglihatan Anda. Selain itu jika Anda rutin menghonsumsi tomat maka dapat mengurangi resiko terkena penyakit mata seperti katarak, mata minus, bahkan rabun.
  • Manfaat tomat untuk rambut
    Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh lainnya adalah sebagai penyubur rambut. Tomat dapat membantu rambut Anda terlihat halus. Selain itu sayuran ini dapat menjaga agar rambut Anda tidak rontok dan bercabang.

Loading...