Manfaat Timun untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Timun atau juga mentimun merupakan salah satu buah yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Ini disebabkan mentimun mudah untuk didapatkan dan juga memiliki harga yang cukup relatif murah. Timun memiliki kandungan yang cukup banyak, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi ketika panas terik matahari. Namun tahukah Anda bahwa timun yang terlihat seperti biasa saja, ternyata memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat timun untuk kesehatan!

Manfaat Timun untuk Kesehatan

  • Sebagai penghilang racun di dalam tubuh. Salah satu manfaat timun untuk kesehatan adalah sebagai penghilang racun yang cukup baik di dalam tubuh. Kandungan air di dalam timun ini sekitar 95%, kandungan sebanya itu memiliki manfaat yang baik dalam menghilangkan racun dalam tubuh. Raun akan dikeluarkan melalui urin yang keluar dari tubuh. Selain itu racun tersebut dapat keluar melalui keringat dalam berbagai aktivitas setiap harinya.Manfaat Timun untuk Kesehatan
  • Sebagai pencegah kanker yang baik. Manfaat timun yang satu ini mungkin belum banyak dipikirkan oleh kebanyakan orang. Kandungan seperti lignin yang ada pada timun memiliki fungsi mencegah terjadinya atau pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Berbagai jenis kanker pada tubuh dapat dicegah dengan mengonsumsi timun. Kanker tersebut diantaranya seperti kanker ovarium, rahim, dan lain sebagainya.
  • Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh yang baik. Timun juga mengandung vitamin C di dalamnya, sehingga timun berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Dengan begitu maka tubuh akan lebih kuat lagi dalam mencegah berbagai serangan penyakit yang dapat menyebabkan tubuh jatuh sakit. Biasanya tubuh akan mudah terserang penyakit saat perubahan musim yang susah ditebak.
  • Mampu membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bagi Anda yang ingin mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, Anda dapat memanfaatkan timun sebagai alternatif alami. Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol jahat dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit stroke. Senyawa yang bernama sterol dalam timun sangat ampuh sekali dalam mengurangi kadar kolesterol jahat yang dapat membahayakan tubuh Anda.
  • Obat alami dalam pederita diabetes. Timun atau mentimun mengandung hormone yang memiliki peran nyata dalam produksi insulin pada sel organ pancreas. Nah oleh sebab itu bagi Anda penderita diabetes, dapat mengonsumsi mentimun untuk ditambahkan dalam menu makan Anda.
  • Mampu mengontrol tekanan darah yang baik. Kandungan kalium, magnesium, dan juga serat pada timun ternyata sangat efektif dalam mengobati tekanan darah. Oleh sebab bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya sangat disarankan untuk mengonsumsi timun. Senyawa yang dapat mengontrol tekanan darah adalah senyawa sterol. Baca juga Cara Merawat Harddisk Laptop
  • Mencegah terjadinya sembelit. Sembelit atau juga susah buang air besar merupakan suatu hal yang tidak diinginkan setiap orang dan sangat mengganggu. Ini dikarenakan kandungan air pada timun yang melimpah dapat membantu sistem pencernaan, dan juga mencegah terjadinya sembelit. Selain kandungan air yang banyak, mentimun juga mengandung serat yang baik.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat timun untuk kesehatan, sekian dan semoga bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel Cara Mempertajam Daya Ingat

Loading...