Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Temulawak mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza yang merupakan tanaman obat yang biasa dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membuat jamu. Temulawak sekilas memang mempunyai bentuk dan warna yang hampir mirip kunyit. Banyak orang menggunakannya guna untuk obat tradisional, mengingat khasiat dan manfaatnya yang sudah terbukti.

Temulawak mempunyai banyak kandungan senyawa kimia seperti fellandrean, Kurkuminoid, turmerol, atau yang sering disebut dengan minyak menguap. Selain senyawa diatas masih banyak senyawa kimia lain yang terkandung di dalam temulawak.

Kurkuminoid bermanfaat untuk menghilangkan racun dalam tubuh, menghilangkan nyeri pada sendi, menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, antibakteri, dan masih banyak lagi. Lalu apa lagi manfaat temulawak untuk kesehatan? Berikut adalah pembahasan yang telah diulas dari berbagai sumber.

temulawak

Manfaat Temulawak Bagi Tubuh

Dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan

Para medis menyatakan bahwa temulawak dapat mengatasi macam-macam gangguan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, mengurangi kontraksi pada usus halus, dan gangguan pada sistem pencernaan lainnya. Dengan mengkonsumsi temulawak secara teratur maka dapat memperbaiki sistem pencernaan, serta mengatasi gangguan pencernaan.

Mencegah Terjadinya Penggumpalan Darah

Manfaat temulawak selanjutnya adalah mencegah terjadinya penggumpalan darah. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan tromboksan B-2 yang merupakan senyawa dengan mempunyai fungsi sebagai penggumpal darah dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya, penyakit ini dapat dipicu pada gaya hidup maupun bawaan. Untuk mencegah penyakit kanker memang banyak salah satunya adalah dengan mengkonsumsi temulawak. Temulawak dapat mencegah terjadinya sel kanker pada tubuh seperti kanker usus, serta kanker prostat. Jurnal ilmiah “The Prostate” mengungkapkan bahwa kandungan curcumin dalam temulawak dapat mencegah terjadinya pertumbuhan kanker prostat. The University of Maryland Medical center juga menjelaskan mengenai hipotesis bahwa curcuma dapat bekerja dengan cara menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan sel kanker.

Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat temulawak berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan hati. Hati merupakan oragan tubuh yang berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh. Dalam kandungan temulawak mengandung senyawa kalagoga yang mempunai fungsi untuk mengatur produksi cairan empedu di dalam hati serta merangsang pengosongan kandungan empedu. Baca Manfaat Buah Kelapa

Dapat Menambah Nafsu Makan

Temulawak dapat merangsang nafsu makan. Bagi Anda yang memiliki anak dengan sudah makan, temulawak menjadi obat tradisional untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini disebabkan adanya efek dari minyak aitri yang mempunyai sifat karminativum.

Meredakan Peradangan pada Sendi

Di negara India, Temulawak menjadi obat tradisional alami yang sudah dipercaya sejak ribuan tahun lalu. Manfaat temulawak ini memang sudah diakui khasiatnya. Salah satu khasiat dari sekian banyak adalah mampu meredakan peradangan pada sendi seperti tulang rawan atau yang disebut dengan kartilago.

Obat Penyembuhan Hepatitis

Manfaat temulawak selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai obat penyembuhan penyakit hepatitis. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu Anda siapkan dua jari temulawak dan cuci serta kupas dengan bersih. Setelah itu iris temulawak menjadi ukuran kecil dan rebus menggunakan 1/2 liter air.   Anda dapat menambahkan gula aren dan tunggu hingga air rebusan tersebut menjadi 1 gelas. Dinginkan air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari.

Meredakan asma

Untuk penderita asma, Anda dapat menyediakan 1/2 rimpang  temulawak kemudian cuci hingga bersih. Kemudian iris kecil temulawak tersebut sebelum direbus dengan 5 gelas air. Tambahkan gula aren sesuai dengan selera Anda. Tunggu hingga air rebusan tersebut tersisa setengah kemudian Anda dapat meminumnya 3 kali dalam sehari.

Melancarkan ASI

Manfaat lain dari temulawak adalah dapat melancarkan ASI. Caranya juga cukup mudah, Anda cukup menyediakan temulawak sebanyak 20 gram kemudian cuci dan parut temulawak tersebut hingga halus. Peras parutan temulawak  dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, Anda dapat mendiamkannya hingga dingin. Agar lebih nikat Anda dapat menambahkan 2 sendok makan madu. Ramuan ini dapat Anda minum 2 kali dalam sehari, yakni pada pagi dan sore hari.

Mengobati Sakit Ginjal Kronis

Temulawak juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional penyakit ginjal kronis. Cara membuatnya adalah dengan menyediakan temulawak yang sudah dikupas dan dicuci kemudian masak menggunakan 4 gelas air putih. Anda campurkan daun kumis kucing 1 genggam serta daun meniran 1 genggam. Rebus bahan-bahan tersebut hingga tersisa air rebusan 2 gelas atau setengahnya. Setelah dingin Anda dapat meminumnya tiga kali sehari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat meminumnya setiap hari secara teratur.

Nah itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, selain diatas temulawak dipercaya juga dapat mengobati penyakit bisul, sakit kepala, masuk angin, mengobati penyakit maag, dan lain sebagainya. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel lainnya Kalori Dalam Es Krim

Loading...