Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Siapa yang tidak mengetahui telur puyuh? Hampir setiap orang mengetahui telur yang memiliki ukuran kecil ini. Meskipun berukuran kecil, telur puyuh juga tak kalah enak jika dibandingkan dengan telur-telur lainnya. Tak hanya itu saja telur puyuh juga kaya akan manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa kandungan vitamin dan nutrisi pada telur puyuh, antara lain vitamin A, vitamin B12, vitamin E, vitamin K, energi, karbohidrat, lemak, zat besi dan masih banyak lagi kandungan vitamin serta nutrisi pada telur puyuh. Lantas apa saja manfaat telur puyuh itu sendiri? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah manfaat telur puyuh yang perlu diketahui

Sumber energi

Berdasarkan kandungan nutrisinya, tiap 100 gram telur puyuh memiliki 168 kkal. Meskipun jumlah energi tersebut tidak sebesar dengan energi yang terkandung di dalam nasi ataupun ketela, setidaknya jumlah kalori tersebut dapat membantu untuk mecukupi kebutuhan kalori dalam setiap harinya. Namun agar sumber energi lebih maksimal dan tubuh tetap bertenaga, Anda bisa mengonsumsi makanan pendukung lainnya.

Kaya akan protein

Jika dibandingkan dengan telur ayam, kandungan protein yang terdapat pada telur puyuh lebih besar dan tinggi. Sepeti yang kita ketahui protein memiliki peranan penting dalam pembangunan jaringan sel, pembentukan DNA dan RNA, untuk cadangan energi serta dapat menunjang kecerdasan seseorang.

Mengatasi anemia

Anemia atau kurang darah merah merupakan salah satu penyakit yang berbahaya jika tidak segera diatasi. Seseorang yang mengalami anemia, memiliki gejala seperti wajah pucat, mudah lelah serta pusing. Selain mengonsumsi obat yang diberikan dokter, Anda pun bisa mengatasi anemia dengan cara mengonsumsi telur puyuh, ini karena kandungan zat besi sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini. Tak hanya saja, kandungan vitamin A, B12 serta zat besi juga sangat efektif untuk membantu pemulihan setelah operasi. Vitamin dan nutrisi tersebut dapat membantu dalam regenerasi sel.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat telur puyuh selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Mata merupakan salah satu alat indra penglihatan yang harus dijaga kesehatannya. Karena ketika mata diserang penyakit tentu saja ini akan mengganggu kita saat beraktivitas. Mulailah untuk mengonsumsi telur puyuh. Kandungan vitamin A, lutein dan zeaksantin pada kuning telur sangat baik dalam melindungi mata.

Mencegah penuaan dini

Berikutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Setiap orang tentu saja ingin memiliki kulit yang bersih, sehat dan terhindar dari penuaan dini. Selain menggunakan masker wajah ataupun krim anti penuaan, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengonsimsi makanan pencegah penuaan dini. Salah satunya yaitu telur puyuh. Selain menyehatkan mengonsumsi telur puyuh secara rutin juga memiliki dampak yang baik bagi kulit wajah.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat telur puyuh untuk kesehatan.

Baca juga artikel lainnya manfaat telur bebek bagi kesehatan tubuh.