Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Telur bebek memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Telur bebek menjadi salah satu sumber makanan yang banyak digemari masyarakat. Dengan populernya keberadaan telur bebek, membuat sebagian orang ingin membudidayakan bebek untuk diambil daging dan telurnya. Minat masyarakat yang cukup tinggi menjadikan harga telur bebek lebih mahal dibandingkan telur ayam.

Kandungan gizi yang terdapat dalam telur bebek diantaranya seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin E, zat besi, natrium, protein, karbohidrat, lemak, dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk tubuh. Secara fisik telur bebek memang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan telur ayam. Lalu apa saja manfaat yang dimiliki oleh telur bebek yang sering dijadikan sebagai telur asin tersebut? simak beberapa manfaat telur bebek bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Membantu Proses Metabolisme Tubuh serta Sistem Pencernaan

Telur bebek mengandung vitamin E yang berperan untuk membantu sistem pencernaan tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh. Di dalam satu telur bebek terdapat sekitar 0,9 miligram vitamin E. Kandungan tersebut merupakan 3 persen dari kebutuhan vitamin E pada dalam tubuh. Tidak hanya itu saja kandungan tersebut juga disarankan para ahli. Vitamin E dalam tubuh dapat berfungsi sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menangkal radikal bebas serta menangkal virus dari berbagai penyakit.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat telur bebek berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan Mata. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi di dalam telur bebek sangat bermanfaat dalam kesehatan mata. Organ mata memerlukan asupan vitamin A untuk menghindari berbagai hal yang menyangkut kesehatan mata. Di dalam sebutir telur bebek terkandung vitamin A sebesar 472IU, kandungan tersebut direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut setiap harinya.

Membantu Tubuh dalam Memproduksi Hormon

Telur bebek mengandung kandungan zat selenium. Selenium sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh serta membantu memproduksi hormone tiroid. Hormon tersebut berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme dalam tubuh, memproduksi hormon yang berkaitan dengan pertumbuhan pada tulang.

Membantu Memproduksi Sel Darah merah

Manfaat telur bebek berikutnya adalah membantu memproduksi sel darah merah. Hal ini dikarenaka telur bebek mengandung zat besi yang berfungsi untuk produksi sel darah merah. Sel darah merah dalam tubuh berguna untuk mengangkut dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Di samping itu zat besi juga berguna untuk menghasilkan energi pada tubuh.

Sebagai Sumber Energi

Manfaat yang terakhir dalam pembahasan ini adalah sebagai sumber energi. Kandungan seperti protein dan karbohidrat yang cukup tinggi sangat membantu untuk menghasilkan sumber energi. Manfaat ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki aktivitas ataupun pekerjaan padat setiap harinya. Pekerjaan berat tentunya membutuhkan pasokan energi dalam tubuh yang cukup.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai manfaat telur bebek bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui.

Loading...