Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Teh hijau sudah lama dikenal sebagai minuman tradisional seperti halnya dengan kopi. Teh juga dikenal sebagai minuman yang lebih sehat daripada kopi, karena memiliki kandungan yang rendah akan akan kafein dan juga mengandung antioksidan yang disebut dengan polifenol. Antioksidan tersebut dapat membantu menyehatkan kulit, tubuh, dan juga rambut sehingga dapat menghambat tumbuhnya sel kanker. Teh hijau ini merupakan pilihan sehat yang dapat dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan. Lalu apa saja sebenarnya khasiat dari teh hijau? Simak ulasan dibawah ini!

manfaat teh hijau untuk kesehatan

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Mampu Mengontrol Berat Badan

Obesitas merupakan salah satu masalah terbesar diseluruh dunia yang dihadapi kebanyakan orang. Gaya hidup yang berlebihan dan tidak terkontrol merupakan salah satu penyebab dari obesitas atau kegemukan. Seperti penjelasan diatas teh hijau mengandung antioksidan yang disebut dengan polifenol katekin. Selain itu teh hijau mengandung 10 kali jumlah antioksidan yang didapatkan dari buah dan sayuran. Oleh karena itu teh hijau dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh dan juga mampu menurunkan berat badan dengan cara mengontrol berat badan.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai hal penyakit terutama penyakit stroke dan juga penyakit jantung. Selain mengandung antioksidan, teh juga mengandung tanin yang dikenal sebagai penurun kadar kolesterol secara alami. Kolesterol yang dimaksud adalah LDL yang sebagai kolesterol jahat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan dalam teh hijau yang disebut dengan katein dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan juga mengurangi permasalahan kolesterol tinggi. Namun yang perlu diingat adalah jangan mengonsumsinya terlalu berlebih.

Mendapatkan Kulit yang Sehat

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat teh juga dapat menyehatkan kulit. Antioksidan dapat bermanfaat untuk kulit yang ada pada teh hijau. Salah satu antioksidan yang terdapat pada teh adalah Proanthocyanidins oligomer yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan juga memperlambat proses penuaan pada kulit. Oleh karena itu banyak orang memanfaatkan teh hijau agar terlihat awet muda pada kulit dan wajah. Baca juga Berbagai Makanan Khas Jawa Timur

Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Meningkatkan kesehatan tulang harus menjadi kewajiban utama untuk terhindarkan dari resiko penyakit tulang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan minum teh secara rutin dan tidak berlebihan maka dapat meningkatkan kesehatan tulang. Selain meningkatkan kesehatan juga mamu memperkuat tulang. Untuk minum teh yang baik sebaiknya 2 sampai dengan 3 gelas dalam sehari.

Dapat Menyembuhkan Permasalahan pada Perut

Permasalahan pada perut sering dialami kebanyakan orang, hal tersebut tentu akan mengganggu. Kemampuan di dalam teh hijau ini dapat menyembuhkan juga masalah pada perut seperti sakit pada perut. Oleh sebab itu kebanyakan orang minum teh hijau untuk menjaga kesehatan dan juga menyembuhkan sakit pada perut.

Nah itulah beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan. Teh hijau memang baik untuk kesehatan, tetapi dalam hal mengonsumsinya jangan terlalu berlebihan. Baca juga artikel Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami

Loading...