Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Susu kedelai merupakan salah satu minuman yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan selain dapat mengatasi rasa haus, susu kedelai adalah minuman yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. ada beberapa kandungan nutrisi dalam susu kedelai yaitu, serat, karbohidrat, vitamin E, vitamin K, protein dan juga vitamin serta mineral (vitamin B12, kalsium, riboflavin dan juga zat besi). Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh!a

Khasiat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat yang pertama adalah berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. seperti yang Anda ketahui jika di dalam tubuh menumpuk kolesterol LDL tentunya akan membuat protein, air, karbohidrat dan juga lemak. Sehingga hal ini lah yang menyebabkan diabetes. Di antara kesehatan seseorang semakin menurun. Oleh karena itu mulailah untuk mengonsumsi susu kedelai setiap harinya. Kandungan lesitin pada susu kedelai berguna untuk melarutkan kolesterol dalam darah sehingga dapat mencegah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.

Mencegah Diabetes

Kekurangan hormon insulin dalam tubuh dapat menyebabkan kelainan metabolisme elektrolit. Selin itu, protein dalam susu kedelai lebih mudah diterima oleh ginjal. Tak hanya itu saja, susu kedelai juga mengandung asam amino arginin dan asam amino glisin yang dapat menjaga keseimbangan hormon insulin dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Manfaat selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Sebuah survei menyatakan bahwa seseorang yang tidak suka minum susu kedelai memiliki kemungkinan hingga 50% terkena kanker lebih tinggi dibandingkan dengan seorang yang rutin mengosnumsi susu kedelai. Hal ini dikarenakan kandungan molibdenum, protein dan juga selenium pada susu kedelai dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Mencegah Osteoporosis

Seperti halnya dengan susu ada umumnya, susu kedelai juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Dalam susu ini, kedelai juga mengandung phytoestregon. Zat ini berguna untuk membantu pembesaran penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegahnya hilangnya kalsium pada tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu Anda untuk mencegah pengeroposan tulang.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian bagi setiap orang. Anda dapat mengatasi berat badan yang berlebih dengan cara sering mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Kandungan lemak tak jenuh pada susu kedelai memilki lemak tak jenuh tunggal yang dapat mencegah penyerapan lemak secara langsung. Karena jika hal ini terjadi dapat membuat saluran pencernaan tertimbun oleh lemak.

Nah itulah beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan. Namun sebaiknya jangan sampai mengonsumsi susu kedelai terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan pada fungsi torid dan jaringan pada tubuh manusia lainnya.