Manfaat Susu Bagi Tubuh

By Categories : Kesehatan

Susu merupakan salah stau produk yang berasal dari hewan yang mengandung protein hewani. Susu merupaka produk yang dapat mudah ditemukan mulai dari bentuk kemasan yang sudah dikemas dalam bentuk bubuk, ataupun susu murni langsung dari peternakan. Namun tahukah Anda bahwa kandungan dalam susu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi adapula dampak negatif dari susu yang berkembang di masyarakat. Untuk tidak salah mengerti mengenai dampak tersebut, berikut ini adalah manfaat susu bagi tubuh!

manfaat susu bagi tubuh

Manfaat Susu Bagi Tubuh

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium yang tingi di dalam susu mengandung kalsium yang merupakan zat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tetapi kalsium tidak hanya baik untuk kesehatan tulang saja, melainkan juga baik untuk proses pertumbuhan anak-anak. Selain anak-anak yang membutuhkan, orang dewasa juga membutuhkan susu. Hal ini dikarenakan susu sapi yang mengandung kalsium tinggi mampu menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat, sehingga mampu mencegah terjadinya resiko terkena osteoporosis. Yang perlu diingat adalah saat membeli susu, Anda harus memperhatikan tambahan vitamin D yang dapat membantuk penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Menjaga Berat Badan agar tetap Stabil

Sebagian orang menghindari susu dalam program diet yang dilakukan. Padahal hal tersebut menurut penelitian adalah hal yang kurang benar. Menurut penelitian bahwa wanita yang mengonsumsi susu rendah lemak seperti susu sapi mampu menurunkan berat badan yang lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak minum susu. Agar terhindar dari bosan, maka Anda dapat menambahkan buah ke dalam segelas susu untuk diminum saat malam hari. Baca juga Makanan Pembentuk Otot Perut

Mengurangi Rasa Stres

Setelah beraktivitas seharian akan menguras tenaga fisik dan juga pikiran. Pikiran yang lelah ditambah dengan beban pikiran lainnya dapat memicu rasa stres. Nah untuk menghindari hal tersebut, maka Anda dapat minum susu sebagai salah satu alternatif untuk menghindari hal tersebut. Segelas susu hangat mampu mengendurkan dan merelaksasikan otot yang tegang dan juga menenangkan syaraf pada tubuh. Bagi Anda yang kurang menyukai kopi, Anda dapat menggantinya dengan segelas susu hangat.

Memperbaiki Tekanan Darah dalam Tubuh

Manfaat susu bagi tubuh yang berikutnya adalah mampu memperbaiki tekanan darah dalam tubuh. Para peneliti asal Spanyol melakukan penelitian terhadap lebih dari 5.000 orang dewasa yang mengonsumsi susu rendah lemak sekitar 54% lebih kecil terkena resiko tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya minum susu secara rutin yaitu pagi dan malam.

Membantu Proses Pembentukan Otot

Protein hewani yang cukup tinggi pada susu sapi dapat membantu proses pembentukan otot pada tubuh. Ini sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin membentuk otot pada tubuh Anda. Selain itu meningkatkan berat badan yang sehat dapat dilakukan dengan minum susu. Jangan lupa pula untuk olahraga secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembentukan otot.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat susu bagi tubuh, adapula manfaat lainnya adalah menjaga sistem pencernaan pada tubuh. Baca juga artikel terkait lainnya Makanan Sehat untuk Diet