Manfaat Serai bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Daun serai merupakan satu tanaman yang sudah populer di Asia termasuk di Indonesia. Ciri khas dari daun serai ini terletak pada aroma yang khas, sehngga sangat cocok untuk digunakan ke dalam masakan. Meski kebanyakan orang mengetahuinya daun serai digunakan sebagai tambahan untuk masakan, sebenarnya serai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Di dalam serai terkandung zat anti mikorba, anti-kanker, antioksidan, dan juga anti peradangan. Tidak hanya itu saja serai juga terkenal sebagai salah satu sumber vitamin A, C, magnesium, kalium, mangan, tembaga, zat besi, dan juga folat. Lalu apa saja sebenarnya manfaat serai bagi kesehatan tubuh? Simak ulasan dibawah ini!

Manfaat Serai bagi Kesehatan

Manfaat Serai bagi Kesehatan

Mampu Membantu Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat daun serai yang terkenal adalah mampu membantu sistem pencernaan pada tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam daun serai terdapat zat anti mikroba. Zat tersebutlah yang dapat melawan bakteri dan juga parasite yang menyebabkan masalah pada pencernaan seperti konstipasi, diare, kelebihan gas pada lambung, dan masalah lainnya. Oleh karena itu mengonsumsi daun serai dapat membantu masalah pada pencernaan. Baca juga Tempat Wisata di Bandung

Membantu Proses Insomnia

Insomnia atau susah tidur merupakan suatu hal yang tidak diinginkan oleh siapa saja. Hal tersebut tentu akan mengganggu kesehatan tubuh. Untuk mengatasi insomnia memang dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan mengonsumsi daun serai yang sudah dicampurkan ke dalam masakan. Serai memiliki efek yang dapat menenangkan yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, sehingga dapat mengatasi masalah insomnia. Cara kerja serai menyeimbangkan zat kimia pada tubuh yang dapat memicu insomnia dan masalah saraf.

Mampu Menurunkan Berat Badan

Selain dapat membantu mengatasi insomnia, dan membantu sistem pencernaan pada tubuh, serai juga dapat menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi serai mampu memberikan efek diuretic yang dapat membuat racun keluar dari tubuh. Hal inilah yang dapat membantu proses penurunan berat badan. Oleh sebab itu bagi Anda yang mengalami berat badan berlebih, Anda dapat mengonsumsi serai.

Membantu Kesehatan pada Kulit

Serai dapat memurnikan darah dan juga membantu sirkulasi dalam darah. Ini dapat mengatasi masalah pada kulit seperti masalah pada jerawat yang sering muncul pada kulit. Selain itu juga dapat membuat kulit lebih sehat dan berseri secara alami.

Menurunkan Tingkat Kadar Gula dalam Darah

Bagi Anda yang memiliki keturunan kadar gula dalam darah yang tinggi dapat mengonsumsi serai yang sudah dikombinasikan dengan minuman teh. Kita tentu mengetahui bahwa kadar gula dalam darah yang tinggi dapat memicu penyakit seperti kencing manis, atau diabetes. Oleh karena itu minum teh dengan campuran serai dapat membantu proses mengeluarkan racun dari pancreas dan juga meningkatkan fungsinya. Di samping itu juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Nah itulah beberapa manfaat serai bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui, baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Kecambah bagi Wanita

loading...