Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Meskipun manfaat olahraga baik untuk kesehatan, akan tetapi banyak orang yang enggan berolahraga karena tidak memiliki waktu untuk pergi ke pusat kebugaran ataupun tidak memiliki teman berolahraga. Pada umumnya ada beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan, mulai dari berenang, jogging, bersepeda  dan juga senam aerobik.

Untuk melakukan senam aerobik, Anda tidak harus pergi ke pusat kebugaran. Anda juga bisa melakukan senam aerobik sendiri di rumah. Agar lebih tertarik melakukan senam aerobik, berikut adalah beberapa manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Senam Aerobik

Inilah manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh

Meningkatkan fungsi jantung

Manfaat yang pertama adalah dapat meningkatkan fungsi jantung. Saat melakukan senam aerobik tentu saja ini membuat tubuh aktif bergerak. Selama tubuh bergerak aktif, pastinya hal tersebut dapat membuat jantung memompa darah lebih cepat. Jantung yang berdetak lebih cepat dapat mengatasi penyumbatan  pembuluh darah dan juga dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Hampir setiap orang pernah mengalami letih, lesu dan cenderung mudah sakit. Senam aerobik dapat mengatasi masalah yang satu ini. Senam aerobik yang Anda lakukan secara teratur mampu meningkatkan stamina serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh dapat  terhindar dari segala macam penyakit.

Mengurangi berat badan

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Selain dengan diet, Anda juga harus mengimbanginya dengan senam aerobik. Beberapa gerakan senam aerobik untuk menurunkan berat badan antara lain, kick, single step, double step dan masih banyak lagi.

Meningkatkan fungsi paru-paru

Paru-paru merupakan organ pernapasan yang wajib dijaga kesehatannya. Selain menghindari polusi ataupun asap rokok, Anda pun bisa meningkatkan fungsi paru-paru dengan cara melakukan senam aerobik. Senam aerobik yang Anda lakukan pastinya membutuhkan tenaga ekstra yang dapat memacu hembusan nafas semakin lancar dan ringan. Hal inilah yang mampu meningkatkan kinerja dan fungsi dari paru-paru itu sendiri.

Mengatasi stres dan meningkatkan mood

Berikutnya adalah dapat mengatasi stres dan meningkatkan mood. Pekerjaan yang menumpuk dan adanya masalah dalam hidup merupakan penyebab utama terjadinys stres. Saat tubuh mengalami stres, hal ini dapat mengakibatkan hormon endorfin yang berguna membuat seseorang merasa senang berkurang. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan  kegiatan yang dapat meningkatkan hormon tersebut. Salah satunya yaitu dengan cara senam aerobik.

Membuat awet muda

Tampak awet muda merupakan impian bagi setiap orang.  Selain menggunakan krim penuaan dini dan mengonsumsi makanan bergizi, Anda pun bisa mencegah penuaan dengan cara melakukan senam aerobik. Senam aerobik yang Anda lakukan dapat membantu meningkatkan elastisitas otot dan kulit. Sehingga ini akan membuat kulit lebih cerah dan tampak awet muda.

Nah itulah beberapa manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh.