Manfaat Sayur Sawi Hijau Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Sawi hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Keberadaan sayur sawi hijau sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, mengingat sayuran tersebut dapat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Sawi hijau sering diolah dengan cara di tumis atau dijadikan sebagai sayuran tambahan ke dalam beberapa menu makanan termasuk juga mi ayam.

Selain rasanya enak, sawi hijau memiliki banyak manfaat yang mungkin belum diketahui oleh kebanyakan orang. Kandungan nutrisi seperti vitamin A, karotenoid, vitamin K, dan juga flavonoid terkandung di dalam jenis sayuran hijau salah satunya adalah sawi. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat sayur sawi hijau untuk tubuh? Simak pembahasannya di bawah ini!

Manfaat Sayur Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Berikut Manfaat Sayur Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Baik untuk Penderita Diabetes

Salah satu manfaat sayur sawi hijau bagi kesehatan adalah membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Di dalam satu cangkir sawi hijau yang sudah direbus terdapat sekitar 8 gram serat. Berdasarkan The Dietary Guildelines for Americans sangat merekomendasikan 21 sampai 25 gram untuk wanita, sementara 30-38 gram untuk pria dalam konsumsi serat. Selain itu sawi hijau mengandung antioksidan disebut sebagai alpha-lipoic-acid yang sudah terbukti mampu membandu menurunkan kadar gula menjadi lebih rendah. Dengan begitu sawi hijau aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Membantu Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat sayur sawi hijau yang kedua adalah membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Di dalam sayur sawi hijau mengandung vitamin A yang berperan dalam produksi sebum yang berfungsi untuk membantu rambut agar tetap lembab. Vitamin A tidak hanya dibutuhkan pada pertumbuhan jaringan tubuh saja, tetapi dibutuhkan juga pada rambut dan kulit. Selain mengandung vitamin A, sawi yang tergolong sebagai sayuran hijau mengandung zat besi yang berperan juga sebagai sumber energi untuk tubuh.

Sebagai Menu Diet

Manfaat yang ketiga adalah cocok untuk dijadikan sebagai menu diet bagi mereka yang memiliki berat badan lebih. Sawi termasuk sayuran hijau yang rendah akan kalori. Terbukti bahwa di dalam 100 gram sawi hijau mentah terdapat 26 kkal, lemak, dan kaya akan serat. Dengan kandungan tersebut sawi tergolong sebagai pengendali kadar kolesterol dan juga membantu mengurangi berat badan, sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi mereka yang menjalankan diet sehat.

Membantu dalam Mencegah Kanker

Sejak tahin 1980an mengonsumsi sayuran hijau beresiko lebih rendah terkena kanker paru-paru. Salah satu sayuran hijau yang baik dalam mencegah kanker adalah sawi. Sayuran ini mengandung sulfur yang dikenal dengan glucosinolates yang memiliki kemampuan dalam menghambat perkembangan sel kanker, sehingga mencegah terjadinya kanker paru-paru, prostat, dan payudara. Selain itu sawi hijau juga mengandung klorofil cukup tinggi yang sudah terbukti untuk memblokir efek karsinogenik yang sering dihasilkan pada makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar.

Nah itulah tadi beberapa manfaat sayur sawi hijau bagi kesehatan, adapaun manfaat lainnya adalah membantu menyehatkan tulang, dikarenakan sawi hijau memberikan sekitar 770 mikrogram vitamin K atau lebih dari 100 persen kebutuhan harian yang direkomendasi untuk tubuh.

terms: sayur sawi