Manfaat Renang Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Umum

Jika Anda menyukai olahraga air, tentunya Anda sudah mengerti apa itu renang dan manfaatnya. Renang merupakan salah satu olahraga air yang sering dilakukan seseorang karena hobi atau hanya sekedar bermain saja. Hal ini dikarenakan renang tak hanya dianggap sebagai olahraga saja melainkan sebagai sarana rekreasi. Biasanya, saat berenang kita tidak menggunakan alat bantu apapun namun bagi seseorang yang belum bisa renang pastinya harus dibantu dengan menggunakan alat bantu renang yaitu pelampung.

Tak hanya dapat dilakukan di kolam renang saja, berenang juga dapat Anda lakukan di berbagai tempat misalnya, sungai, danau ataupun laut. Pada umumnya ada beberapa macam gaya renang yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung dan juga gaya kupu-kupu. Lantas apa saja manfaat dari berenang? Yuk langsung saja simak artikel manfaat renang untuk kesehatan tubuh berikut ini!

Manfaat Renang Untuk Kesehatan

Manfaat olahraga renang

Menjaga dan menurunkan berat badan

Jika Anda sedang melakukan program diet tidak ada salahnya memanfaatkan olahraga renang sebagai olahraga penunjang program Anda. Seseorang yang rutin berenang satu jam sehari dapat membakar lemak dalam tubuh sebesar 800 hingga 900 kalori. Hal ini tentunya sangat mudah dan sangat efektif bukan? Maka dari itu, mulailah untuk melakukan olahraga ini secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun sebelum Anda berenang sebaiknya Anda melakukan peregangan otot terlebih dahulu. Jika tidak,  selesai berenang tubuh Anda menjadi pegal-pegal  dan juga capek.

Meninggikan badan

Memiliki tinggi tubuh yang proporsional merupakan salah satu idaman baik pria dan juga wanita. Untuk mendapatkan hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan olahraga yang satu ini. Menurut penelitian berenang menempati urutan tertinggi  dalam upaya untuk meninggikan badan. Namun jika Anda tidak bisa renang, Anda dapat melakukan olahraga lainnya seperti basket atau menggunakan bahan alami untuk menambah tinggi badan Anda.

Baik bagi wanita hamil

Sebuah penelitian oleh Melpomene Institute of Minneapolis menyatakan bahwa seorang ibu hamil yang sering melakukan olahraga renang, akan dapat menurunkan resiko keguguran. Tak hanya itu berenang bagi ibu hamil juga bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi dan ketidaknyamanan lainnya yang disebabkan oleh masa kehamilan. Yang perlu Anda ketahui, sebaiknya ibu hamil menggunakan teknik berenang yang baik atau mengggunakan jasa dari instruktur renang agar lebih aman.

Menyehatkan jantung

Manfaat renang selanjutnya adalah dapat menyehatkan jantung. Renang merupakan salah satu olahraga yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena berenang dapat melatih kekuatan jantung Anda. Sehingga ini akan membatu jantung Anda untuk melancarkan sirkulasi aliran darah.

Itulah beberapa manfaat renang untuk kesehatan jantung. Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk menguatkan otot, dapat merileksasikan tubuh, mengurangi resiko asma, mencegah diabetes dan tentunya menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat.

Baca juga artikel terkait lainnya cara mengatasi kram kaki saat berenang.