Manfaat Renang Bagi Tubuh

By Categories : Kesehatan

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan badan sekaligus memiliki banyak manfaat. Untuk dapat berenang dengan baik, dibutuhkan latihan yang rutin atau juga berlatih dengan pelatih renang. Terdapat banyak gaya dalam olahraga renang yang dapat dilakukan. Memang dalam latihannya renang membutuhkan waktu relative cukup lama. Selain menyenangkan olahraga yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat tersembunyi. Lalu apa saja manfaat renang bagi tubuh? Silahkan simak ulasan dibawah ini!

Manfaat Renang bagi Tubuh

Manfaat Renang bagi Tubuh

Mampu Meningkatkan Jumlah Kolesterol Baik

Salah satu manfaat renang bagi tubuh adalah mampu meningkatkan jumlah kolesterol yang baik. Ini dikarenakan dengan berenang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit yang ada termasuk penyakit stroke dan juga jantung. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut, olahraga berenang menjadi solusi yang dapat Anda lakukan.

Dapat Mengontrol Berat Badan

Berenang merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan bagi seseorang yang sedang melaksanakan program diet. Olahraga berenang merupakan salah satu olahraga terbaik, selain berlari. Berenang dapat membakar lemak dalam tubuh dengan jumlah yang cukup banyak. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan, maka Anda dapat mengatasi solusi tersebut dengan cara berenang. Cara tersebut sangat efektif dalam mengontrol berat badan yang berlebih. Baca juga Cara Merawat Telinga

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Diabetes

Olahraga selama kurang lebih 30 menit setiap harinya minimal tiga sampai dengan empat kali dalam seminggu mampu membakar lemak sekitar 900 kalori di dalam tubuh. Hal ini tentunya kabar baik, bagi Anda yang ingin mencegah dan juga menurunkan resiko dari penyakit diabetes yang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan Tingkat Stres dalam Tubuh

Rasa stress dapat disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ada. Hal ini tentunya tidak diinginkan bagi setiap orang, karena sangat mengganggu. Dengan berenang Anda dapat menciptakan suasana tenang dan juga bahagia dalam tubuh dan pikiran. Rasa bahagia ini ini dapat meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh yang merupakan hormon yang menimbulkan rasa senang di dalam pikiran. Jika Anda merasa memiliki beban berat yang dapat menimbukan rasa stress, sebaiknya untuk melakukan olahraga renang.

Dapat Menyehatkan Sendi dan Otot pada Tubuh

Manfaat renang berikutnya adalah dapat menyehatkan sendi dan juga otot-otot dalam tubuh. Meskipun dalam berenang membutuhkan tenaga yang besar, namun efek yang diberikan sepadan dengan hal tersebut khususnya bagi kesehatan. Untuk membentuk otot tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga seperti lari, renang, dan olahraga lainnya. Dengan berenang maka otomatis otot dalam tubuh akan terbentuk, tidak hanya itu saja tetapi juga mampu menjaga kesehatan sendi tulang pada tubuh. Berenang dalam waktu 30 menit seharinya dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung 30 sampai 40 % khususnya bagi wanita.

Itulah beberapa manfaat renang bagi tubuh, adapula manfaat renang yang lainnya adalah dapat membantu pertumbuhan pada anak, menjaga kesehatan jantung, dan juga menambah stamina dalam tubuh. Baca juga artikel terkait lainnya Cara Meningkatkan Stamina dalam Tubuh

terms: jelaskan manfaat renang, sebut kan manfaat melakukan renang bagi tubuh, tulis kan manfaat berenang dalam tubuh