Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Ketika bulan Ramadhatn tiba khususnya untuk umat muslim wajib namanya untuk menjalankan ibadah puasa berdasarkan syariat Islam. Puasa tidak hanya menahan hawa dan nafsu saja, tetapi juga perlu menjaga hati tetap bersih. Terdapat banyak manfaat yang bisa diambil dari puasa termasuk dalam hal kesehatan.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Hal ini terbukti ketika beberapa peneliti menyatakan bahwa dengan berpuasa dapat membantu proses detoksifikasi atau disebut pengeluaran racun dari tubuh. Namun bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes maupun maag sebaiknya tetap perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi ketika menjelang buka puasa sampai dengan sahur. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi apa saja sebenarnya manfaat puasa untuk kesehatan, simak dan ikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Membantu Program Diet

Salah satu manfaat yang bisa diambil dari puasa adalah untuk membantu program diet bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi seseorang yang sedang menjalankan diet sehat. Dengan berpuasa sekaligus diet, maka berat badan tubuh akan lebih mudah terkontrol. Perlu diingat saat berbuka maupun sahur tetap memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat puasa untuk kesehatan yang kedua adalah membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Uni Emirat Arab menyatakan bahwa ketika seseorang berpuasa maka kadar kolesterol dalam darah akan menurun. Dengan kadar kolesterol jahat pada tubuh menurun dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi resiko serangan jantung dan penyakit stroke.

Membantu Kesehatan Pembuluh Darah

Selanjutnya adalah membentuk kesehatan pembuluh darah pada tubuh. Seperti pada poin kedua di atas bahwa dengan berpuasa membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Hal tersebut selain baik untuk kesehatan jantung ternyata juga baik untuk pembuluh darah tubuh.

Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat puasa yang keempat adalah mencegah penyakit diabetes pada tubuh. Penyakit diabetes dapat disebabkan karena pola hidup salah dengan ditandai mengonsumsi makanan tidak terkontrol. Selain itu penyakit ini juga disebabkan karena bawaan dari orang tua. Dengan menjalankan berpuasa maka mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi akan lebih terkontrol, sehingga menurunkan resiko penyakit diabetes.

Membantu Mengurangi Kebiasaan Buruk

Manfaat puasa yang kelima adalah membantu mengurangi kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi makanan sembarangan, suka mengonsumsi minuman bersoda, suka merokok dan kebiasaan buruk lainnya dapat dikurangi dengan menjalankan puasa terlebih lagi puasa wajib bagi umat muslim di seluruh dunia.

Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat puasa yang terakhir adalah meningkatkan sistem imun pada tubuh. Sistem imun atau kekebalan pada tubuh sangat berperan penting untuk menangkal berbagai penyakit yang siap menyerang tubuh kapan saja di saat sistem imun sedang lemah. Ketika sedang menjalankan puasa secara otomatis akan meningkatkan limfosit sampai dengan 10 kali lipat.

Nah itulah tadi beberapa manfaat puasa untuk kesehatan, untuk itu ketika bulan Ramadhan tiba wajib halnya bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Baca juga artikel tentang Tips sehat berpuasa  bagi penderia maag.

loading...