Manfaat Pete bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Sebagai warga Indonesia tentu sudah tidak asing dengan kehadiran pete. Petai atau disebut juga dengan pete merupakan salah satu sumber makanan yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Pete sering dijadikan sebagai lalapan sambal atau dijadikan bahan pelengkap untuk memasak sayur. Buah yang memiliki ciri warna hijau dan aroma yang khas ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui. Pete memang dapat menyebabkan bau yang kurang sedap pada mulut, dikarenakan asam amino yang terkandung di dalamnya. Meskipun begitu pete masih memiliki banyak penggemar untuk dikonsumsi. Nah lalu apa saja manfaat pete bagi kesehatan tubuh? Penasaran? Langsung saja ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Manfaat Pete bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh

Membantu Mengatasi Depresi

Manfaat pete bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah membantu dalam mengatasi depresi bagi mereka yang mengonsumsinya. Pete mengandung kandungan tryptophan yang merupakan jenis protein yang mampu diubah tubuh jadi serotonin. Dengan kandungan tersebut membuat mereka yang mengonsumsi jauh lebih rileks serta memperbaiki mood seseorang. Dengan begitu akan memberikan rasa bahagia yang bisa mengatasi depresi.

Membantu dalam Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat berikutnya adalah membantu menjaga saluran pencernaan. Pete mengandung serat yang cukup tinggi yang baik untuk saluran pencernaan. Ini dikarenakan selain mengandung kandungan serat cukup tinggi, pete juga memiliki struktur yang halus dan lembut.

Membantu dalam Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah yang disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Gangguan ini sangat mengganggu dan memiliki dampak negatif pada tubuh seperti mudah capek, letih, lemas, lesu, sering pusing, mual, dan banyak lagi. Oleh sebab itu ada baiknya jika tubuh mendapatkan asupan zat besi yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi pete. Pete mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi resiko dari anemia atau kekurangan darah. Baca Juga Manfaat Gandum Untuk Kesehatan

Membantu dalam Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat pete bagi kesehatan tubuh yang keempat adalah membantu dalam menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi menjadi pemicu berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung maupun stroke. Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan mengonsumsi buah pete dapat mengurangi resiko tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga sering dialami kebanyakan orang.

Mengurangi Resiko Penyakit Stroke

Berdasarkan penelitian dilakukan oleh The New England Journal of Medicine bahwa seseorang yang mengonsumsi pete memiliki resiko penyakit stroke lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali. Oleh sebab itu konsumsi pete sesuai porsinya dan jangan berlebihan.

Pete Mengandung Antioksidan

Antioksidan tidak hanya terdapat pada buah manggis saja, pete juga mengandung antioksidan cukup tinggi yang baik untuk tubuh. Antioksidan yang cukup tinggi di dalam pete membantu untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit. Antioksidan juga berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat pete bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui.