Manfaat Olahraga Skipping untuk Tubuh

By Categories : Kesehatan

Skipping merupakan olahraga yang dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah tali. Untuk latihan skipping Anda cukup melompat dengan mengayunkan tali skipping hingga melewati ujung kepala dan kaki. Anda juga tidak perlu repot mencari tempat karena ini merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan dimana saja. Manfaat olahraga skipping sangat banyak, terutama untuk kesehatan jantung serta paru-paru. Ini karena skipping termasuk latihan aerobik serta jenis cardio exercise. Anda dapat melakukannya pada pagi atau sore hari. Jika Anda melakukannya secara rutin setiap hari maka banyak manfaat yang akan Anda dapatkan di antaranya cocok sebagai olahraga untuk diet sehat.

Manfaat Olahraga Skipping untuk Tubuh

Berikut manfaat olahraga skipping

  1. Mampu membakar kalori secara efektif

Selain jogging, skipping juga mampu berperan untuk membakar kalori dalam jumlah yang besar. Cukup melakukan skipping selama 30 menit maka dapat membakar kalori sebanyak 450 kalori. Melakukan lompaan dengan menggunakan tali dapat membantu meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori lebih banyak dibandingkan tanpa menggunakan tali.

  1. Menjaga kesehatan organ kardiovaskular

Manfaat olahraga skipping lainnya adalah mampu menjaga kesehatan organ kardiovaskular. Dalam setiap lompatan akan membuat jantung Anda lebih kuat dan sehat. Selain itu lompatan pada olahraga ini membantu memompa darah dan memberikan oksigen. Akibatnya semua jaringan tubuh akan mendapatkan nutrisi.

  1. Mencegah dan melawan osteoporosis

Jika Anda rutin melakukan skipping maka resiko terkena osteoporosis akan semakin kecil. Olahraga ini mampu memadatkan tulang dan menjaga dari serangan osteoporosis.

  1. Membakar lemak

Manfaat lain dari olehraga skipping adalah mampu membakar lemak lebih cepat. Dengan skipping seluruh bagian tubuh Anda akan bergerak. Otomatis lemak dalam tubuh Anda juga akan mudah terakar.

  1. Melatih otot

Skipping membantu otot pada tubuh Anda lebih terjaga. Hal ini karena skipping melibatkan berbagai otot pada tubuh Anda seperti otot lengan, betis, dada, otot lutut, otot bahu, dan beberapa oto tubuh lainnya. Untuk itu manfaat olahraga skipping ini sangat baik untuk perkembangan tubuh Anda.

  1. Lebih fokus

Hal ini berhubungan dengan psikologi karena skipping mampu melatih Anda untuk tetap fokus. Misalnya dalam menyelesaikan tugas atau masalah yang harus dihadapi.

  1. Melatih otak

Manfaat olahraga skipping yang terakhir adalah untuk melatih otak. Dalam melakukan skipping otak akan bekerja lebih cepat dan harus tepat dalam mengkalkulasi gerakan dan waktu saat melompat. Olahraga ini mampu meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh dan mampu memperbaiki kemampuan gerak reflek.

Cara melakukan olahraga skipping

  • Posisi tubuh Anda harus berdiri tegak dan kedua tangan memegang ujung tali
  • Posisikan tali dibelakang tubuh Anda saat akan memulai
  • Lompat hingga 20-25 kali dan lakukan istirahat selama 30 detik
  • Lakukan hingga 4-8 set sesuai dengan kemampuan Anda
  • Untuk pemula biasanya akan sering tersangkut, untuk itu lakukan dengan menjaga konsentrasi