Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Untuk mendapatkan tubuh tetap sehat dapat dilakukan dengan cara melakukan olahraga serta mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat. Dengan kedua cara tersebut dapat menghidarkan dari berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan tubuh. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah adalah berlari atau jogging. Olahraga lari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis olahraga ini dapat dilakukan pada pagi hari maupun pada sore hari. Beragam manfaat bisa diambil dari olahraga lari, seperti pada pembahasan di bawah ini.

Young Women Power Walking --- Image by © Redlink Production/Corbis

Berikut Manfaat Olahraga Lari bagi Kesehatan

  • Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan olahraga lari dengan jarak sekitar 16 km dalam waktu seminggu akan mengurangi resiko gangguan pada tekanan darah dan gangguan pada kolesterol berlebih masing-masing sebanyak 39 persen dan 34 persen. Hal tersebut sangat membantu untuk mengurangi resiko serangan jantung.

  • Memperkuat Kesehatan Tulang

Manfaat olahraga lari yang kedua adalah memperkuat kesehatan tulang. Penelitian dari Universitas Missouri menyatakan bahwa dengan berlari dapat membantu kepadatan tulang pada seseorang. Para pelari memiliki kepadatan tulang lebih baik dibandingkan dengan para pesepeda. Meskipun begitu bersepeda juga baik untuk kesehatan tulang.

  • Membantu Membakar Kalori

Bagi mereka yang ingin menjalankanprogram diet akibat dari berat badan berlebih, olahraga lari bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk dilakukan. Dengan berlari kalori dalam tubuh akan terbakar 2 kali lebih efektif dibandingkan dengan berjalan kaki. Oleh sebab itu ketika sedang menjalankan program diet, sebaiknya diimbangi juga dengan melakukan olahraga lari.

  • Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan pada Tubuh

Berikutnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Hal ini didukung oleh pakar di Swedia yang menyatakan bahwa seseorang yang sering melakukan olahraga lari akan memiliki daya tahan tubuh yang semakin kuat dan tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti flu, batuk, sampai dengan demam.

  • Untuk Kesehatan Pernafasan

Olah pernafasan yang benar sangat dibutuhkan ketika sedang menjalankan olahraga seperti berenang, berlari, dan olahraga lainnya. Bagi mereka penderita asma sangat disarankan untuk melakukan olahraga yang baik untuk pernafasan seperti berlari atau berenang. Penelitian menyatakan bahwa mereka yang rutin berlari tiap minggu selama 3 bulan, hasil yang didapatkan adalah penyakit asma yang diderita jarang kambuh.

  • Membantu Memperkuat Otot

Selain untuk memperkuat kesehatan tulang, berlari juga bermanfaat untuk memperkuat kesehatan otot. Dengan berlari otot pada tubuh semakin kuat terutama pada otot kaki. Ini dikarenakan ketika seseorang berlari maka akan mengalami metabolisme tubuh yang cepat, sehingga membantu dalam memproduksi sel otot dalam menggantikan sel otot lama atau yang sudah tua.

  • Mencegah Resiko Diabetes

Diabetes menjadi penyakit mematikan yang dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya lainnya. Penyakit ini dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang tidak terlalu manis, memulai hidup sehat dengan mengurangi minuman alkohol, soda, rokok, serta melakukan olahraga. Berlari di pagi hari dapat membantu mengurangi resiko penyakit diabetes sampai dengan 5 persen.

Nah itulah tadi manfaat olahraga lari yang dapat Anda ketahui, masih banyak manfaat lain yang bisa diambil dari melakukan olahraga ini. Baca juga artikel tentang Tips berolahraga saat puasa Ramadhan.