Manfaat oatmeal untuk kesehatan

By Categories : Kesehatan

Apa manfaat oatmeal untuk kesehatan? – Oatmeal merupakanmakanan yang sedang popular saat ini dikalangan masyarakat yang sedang diet, maupun untuk orang yang memiliki masalah dengan jantungnya. Oatmeal kaya akan serat, protein, fosfor, dan vitamin B1(thiamin) yang berperan penting untuk membantu memproduksi energy.

Kandungan karbohidrat yang kompleks dari oatmeal berkaitan erat dengan energy, selain itu masih banyak lagi manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh apa bila dikonsumsi secara rutin.

Manfaat oatmeal untuk kesehatan

  1. Mencegah Kardiovaskular

Berasal dari biji bijian gandum utuh oatmeal dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Oatmeal juga mengandung senyawa kimia lignin yang sudah dinyatakan dapat mencegah penyakitj antung. Mengkonsumsi biji bijian dapat mencegah penyakit Kardiovaskular, hal itu telah dinyatakan oleh The Dietary Guidelines for Americans 2010. Biji bijian seperti gandum kaya akan kandungan magnesium, zatbesi, dan vitamin.

  1. Menurunkan kolestrol

Konsumsi oatmeal rutin dapat menurunkan kolestrol, terutama kadar LDL (kolestrolburuk) dalam darah.

  1. Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori dipercaya dapat  menurunkan berat badan, karena ketika mengkonsumsi oatmeal perut akan terasa kenyang lebih lama. Oatmeal sangat efektif untuk seseorang yang sedang melakukan program diet.

  1. Baikuntuk diabetes

Oatmeal sangat dianjurkan untuk orang yang menderita diabetes, kandungan serat yang tinggi dapat membantu metabolisme tubuh dan menetralkan kadar gula dalam darah.

  1. Kaya kandungan antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu tubuh dari serangan radikal bebas, hal ini memberikan dampak baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

  1. Mencegah pengerasan arteri

Avenanthramides pada oatmeal dapat mencegah penyakit jantung, tidak hanya itu saja kandungan itu dapat mencegah pengerasan pada arteri. Zat ini merupakan antioksi dan yang dapat mengurangi produksi molekul yang menyebabkan monosit memenuhi dinding arteri yang menyebabkan pengerasan. Penelitian menunjukan mengkonsumsi enam porsi biji bijian dalam seminggu untuk wanita menopause terserang atherosclerosis, yaitu penyakit penumpukan flak di dinding arteri, juga memperlambat perkembangan stenosi yaitu menyebabkan lorong lorong dari arteri menyempit sehingga menyebabkan serangan jantung dan stroke.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Fungsi serat pada oatmeal ternyata juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan hipertensi.

  1. Mencegah kanker

Kandungan serat yang tinggi dapat melancarkan pencernaan dan metabolism tubuh yang sehat.Metabolism tubuh yang sehat dapat mencegah serangan kanker.Selain itu antioksidan yang tinggi dalam oatmeal juga dapat mencegah penyakit kanker.

  1. Meningkatkan sistem imun

Kandungan nutrisi berbagai antioksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga dapat menyehatkan kulit sampai keberbagai penyakit.

  1. Dapatkan kulit sehat

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal yang dikonsumsi sehari hari secara tidak langsung dapat melindungi tubuh dari radikal bebas maupun polusi udara.

Loading...