Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

By Categories : Kesehatan

Minyak zaitun sudah dikenal orang sejak lama dengan memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh secara alami. Konon katanya Ratu Cleopatra yang merupakan Ratu Mesir Kuno menggunakan minyak zaitun sebagai rahasia kecantikannya. Minyak zaitun diolah berasal dari buah zaitun.

Di Dalam minyak zaitun mengandung senyawa kimia seperti fenol, sterol, pigmen, tokoferol, aqualene, yang memegang penting dalam kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain itu minyak zaitun juga mengandung triasilgliserol dengan berupa asam tak jenuh tunggal jenis asam oleat atau omega-9. Dalam 100 gram minyak zaitun mengandung vitamin E 14 mg, vitamin K 62 mg, energi 3701 kJ, dan sebagainya. Lalu apa saja manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan?

manfaat minyak zaitun

Daftar Manfaat Minyak Zaitun

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat minyak zaitun yang satu ini tentu sudah banyak orang mengetahuinya yaitu menjaga kesehatan kulit. Selain sebagai obat antikanker, minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan serta elastisitas kulit. Dengan menggunakan atau mengkonsumsi minyak zaitun secara tidak langsung kulit akan lebih halus, kencang, dan sehat. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk melembapkan kulit kering saat digunakan sebagai masker.

Mengatasi Wajah Berminyak serta Menghilangkan Flek

Untuk wajah berminyak dan terdapat flek hitam, menggunakan minyak zaitun adalah langkah tepat. Oleskan minyak zaitun pada wajah dan biarkan selama 4 sampai 5 menit dan kemudian uapkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit dan membersihkannya secara alami. Hal ini juga berguna untuk menyingkirkan flek matahari pada kulit wajah dan mengatasi kulit wajah berminyak.

Mengangkat Kotoran di Wajah

Jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan pastikan Anda memberikan perlindungan lebih terhadap kesehatan kulit. Perlindungan tersebut dapat menggunakan minyak zaitun. Caranya cuku mudah, pertama Anda dapat membasuh wajah Anda menggunakan air hangat atau dengan cara menguapkan dengan air yang sedang mendidih. Tujuan adalah agar pori-pori wajah Anda terbuka. Setelah itu Anda dapat mengoleskan minyak zaitun secara merata pada wajah.  Diamkan selama 5 menit dan bersihkan dengan hangat. Dan yang terakhir Anda dapat membilasnya dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran.

Memanjangkan Rambut

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk memanjangkan rambut. Caranya adalah tumbuk biji lemon dan lada kemudian campurkan dengan dua sendok minyak zaitun. Setelah tercampur rata Anda dapat mengoleskannya pada kulit kepala secara perlahan dan merata. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan shampo.

Mempercantik Serta Melangsingkan Tubuh

Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah dapat mempercantik dan melangsingkan tubuh. Dalam hasil riset yang dimuat The British Journal of Nutrition menyebutkan penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh dalam kurun waktu empat minggu, tanpa mengubah pola makan maka mampu mengurangi berat bada 2 sampai 3 kg. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat mencegah obesitas atau kegemukan.

Mencegah Penyakit Jantung

Minyak zaitun sudah terbukti dapat memperlancar aliran darah serta menurunkan tekanan darah. Selain itu minyak zaitun juga dapat mengatur kadar kolestrol dengan cara menekan jenis kolestrol jahat dan mempertahankan dengan baik, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung dan mencagah penyakit stroke. Sebuah studi menyebutkan bahwa pasien 64-71 tahun menunjukkan penurunan kolestrol setelah diberi dua sendok makan minyak zaitun setiap hari.

Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Selain sebagai penurun kolestrol, manfaat minyak zaitun juga berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga mencegah penyakit diabetes dalam tubuh.

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat berasal dari mana saja, seperti udara, air, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan minyak zaitun maka mampu untuk mengatasi radikal bebas. Hal ini terbukti di dalam minyak zaitun terkandung antioksidan-polifenol, zat ini berperan membantu tubuh dalam detoksifikasi molekul yang tidak seimbang.

Mencegah Kanker dan Menangkal Osteoporosis

Berdasarkan penilitan di Copenhagen University Hospital di Denmark menemukan bahwa minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan pada sel yang dapat memicu penyakit kanker. Selain itu menurut The British Journal of Nutrition, minyak zaitun dapat mencegah osteoporosis walaupun tak memulihkan berat tulang yang hilang.

Pencegahan Stroke

Beberapa penelitian mengungkapkan jika seseorang yang mengonsumsi minyak zaitun akan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit stroke dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan makanan yang dapat menurunkan kolestrol tinggi dalam tubuh. Sama seperti minyak zaitun, bunga matahari dan minyak canola juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jenis kolesterol tersebut adalah apopipoprotein B.

Nah itulah pembahasan mengenai manfaat minyak zaitun yang dapat berguna untuk kesehatan dan kecantikan pada tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Melembutkan Rambut Kering dan Kasar

Loading...