Manfaat Menanam Cabe dalam Pot

By Categories : Makanan

Manfaat menanam cabe dalam pot sangat banyak sekali terutama bagi masyarakat perkotaan yang rindu akan menanam cabe seperti kampung halaman. Sebenarnya, tidak perlu menanamnya pun anda bisa dengan mudah mendapatkan cabe dimana saja. Namun sayangnya, terkadang harga cabe bisa mahal setinggi langit. Meskipun begitu, bagi mereka yang terlanjur jatuh cinta dengan makanan serba pedas, tidak peduli semahal apa harga cabe, mereka akan tetap berjuang untuk membelinya. Jika anda memiliki pekarangan rumah yang cukup luas, tentu anda bisa memanfaatkannya untuk di tanami pohon cabe.

Manfaat Menanam Cabe dalam Pot

Namun bagaimana jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas? Anda juga tetap bisa menanam cabe, tetapi dalam pot. Jika anda melakukan perawatan dengan benar, maka cabe dalam pot juga akan tumbuh sempurna layaknya cabe yang ditanam di desa-desa.

Ketahuilah Manfaat Menanam Cabe dalam Pot

Menanam cabe bisa juga anda jadikan sebagai hobi, tentu saja jika cabe yang anda hasilkan berkualitas sangat baik anda bisa mengembangkannya menjadi usaha ekonomi yang tentu bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi anda. Menanam cabe dalam pot tentu membutuhkan benih cabe. Jika anda tidak ingin membeli benih cabe yang sudah ada di pasaran, anda bisa juga membuat benih cabe sendiri. Caranya cukup mudah, pilih cabe merah matang dengan kondisi bagus, belah memanjang dan keluarkan isinya. Pastikan cabe yang anda pilih tidak terserang penyakit. Jika isi biji cabe sudah dikeluarkan, segera cuci bersih dan keringkan.

Setelah biji cabe kering, ambil biji cabe yang memiliki kondisi sempurna dan warna merata, tidak keriput atau memiliki cacat pada permukaan bentuknya. Setelah itu, masukkan biji cabe ke dalam air dan seleksi biji cabe tersebut.Caranya, amati apakah ada biji cabe yang mengapung sementara yang lain tenggelam. Maka yang mengapung haruslah dibuang dan ambil biji cabe yang tenggelam.
Setelah selesai dengan langkah tersebut di atas, lanjutkan dengan melakukan persemaian. Sebaiknya semaikan dulu biji cabe dengan memanfaatkan wadah plastik agar biji cabe bisa tumbuh dengan sempurna. Gunakan wadah plastik dengan diisi tanah pasir yang dicampur pupuk kandang. Perbandingan yang kita gunakan adalah satu dibanding satu. Gunakan ketebalan 10 cm dan berikan lubang dibawah wadah plastik sebagai media pengairan. Rendam biji cabe dalam air hangat selama semalaman dan setelah itu taburkan pada media semai. Atur penempatan dengan jarak yang teratur agar memudahkan pada saat pemindahan. Setelah masa persemaian selesai lanjutkan dengan media pembibitan. Cara pembibitan cabe dalam pot hampir sama dengan media tanaman lain. Setelah proses pembibitan selesai, bisa dilanjutkan ke dalam proses penanaman.

Manfaat menanam cabe dalam pot tentu saja bisa ditanam dimana saja, meski tidak memiliki halaman yang cukup luas. Memang sedikit susah melakukan penanaman cabe dalam pot, namun dengan tekad yang kuat serta usaha dan ketekunan, maka menanam cabe dalam pot bukanlah suatu hal yang sulit.

terms: manfaat menanam cabe