Manfaat Mandi Air Hangat dan Air Dingin

By Categories : Kesehatan

Mandi merupakan bagian paling penting dalam menjaga kebersihan tubuh. Mandi pada umumnya pagi dan sore hari. Dengan mandi secara rutin dapat menghindarkan dari resiko penyakit kulit yang bisa mengancam seperti panu, kudis, kurap, serta penyakit kulit lainnya. Mandi menggunakan air hangat dan air dingin memiliki sensasi yang berbeda. Terlebih lagi banyak orang beranggapan menggunakan air dingin lebih menyegarkan, sedangkan menggunakan air hangat lebih rileks dan santai. Nah untuk itu sebaiknya Anda mengetahui apa saja manfaat mandi dengan air dingin dan air hangat? Yuk ikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut Manfaat Mandi Air Hangat dan Air Dingin

Manfaat Mandi dengan Air Hangat

  1. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mandi dengan menggunakan air hangat dapat bermanfaat sebagai cara menghilangkan stres dan mengurangi resiko rasa cemas seseorang. Oleh sebab itu ketika Anda merasa banyak beban pikiran, dan rasa stress menghampiri tidak ada salahnya jika Anda menggunakan air hangat ketika mandi. Dengan begitu pikiran dapat lebih rileks dan nyaman.Manfaat Mandi Air Hangat dan Air Dingin
  2. Manfaat mandi dengan air hangat berikutnya adalah membantu untuk meredakan flu. Mandi dengan air hangat mampu menjadi dekongestan alami pada tubuh, sehingga mampu membantu untuk meredakan penyakit flu.
  3. Uap air dari air hangat akan melembabkan saluran pernapasan, sehingga ketika flu akan merasa lebih nyaman.
  4. Ketika tubuh mengalami demam tentu suhu tubuh secara otomatis akan naik. Nah Anda dapat menyiasatinya dengan mandi menggunakan air hangat. Dengan air hangat maka akan membantu untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan akibat dari demam tubuh serta membantu mengembalikan suhu tubuh untuk normal kembali.
  5. Manfaat air hangat berikutnya adalah merileksasikan ketegangan pada otot. Seperti penjelasan di atas bahwa mandi dengan menggunakan air hangat membuat tubuh lebih rileks. Untuk itu bagi Anda yang sibuk dengan aktivitas seharian alangkah baiknya menggunakan air hangat saat mandi untuk mengurangi ketegangan otot sehingga otomatis akan mengurangi rasa pegal-pegal pada tubuh.

Manfaat Mandi dengan Air Dingin

  1. Mandi air dingin di pagi hari membantu tubuh merasa lebih segar. Tidak hanya menyegarkan tubuh saja, tetapi air dingin juga membantu menyegarkan pikiran.
  2. Manfaat mandi dengan air selanjutnya adalah membantu bagi mereka yang sedang mengalami depresi.
  3. Ternyata tidak hanya air hangat saja yang bisa mengurangi resiko stress, begitu halnya dengan mandi dengan air dingin selama 2 sampai 3 menit setiap harinya.
  4. Baik untuk kesehatan kulit dan kesehatan rambut. Manfaat yang bisa diambil dari mandi dengan menggunakan air dingin adalah untuk kecantikan kulit serta kesehatan rambut. Ini dikarenakan air dingin mampu melembabkan kulit serta membantu dalam mengatasi permasalahan pada rambut kering. Sedangkan untuk air hangat justru membuat kulit menjadi kering.

Demikianlah tadi ulasan yang dapat Anda ketahui seputar manfaat mandi air hangat dan air dingin. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai Manfaat pijat refleksi.