Manfaat Latihan Daya Tahan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Latihan daya tahan sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Caranya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Selain menjaga daya tahan tubuh, olahraga juga baik untuk membakar lemak dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa semakin Anda berolahraga maka daya tahan tubuh dan stamina akan tetap terjaga.

Memiliki daya tahan tubuh yang baik akan berpengaruh terhadap aktivitas Anda sehari-hari. Daya tahan tubuh yang baik dapat membuat seseorang tidak mudah lelah dalam melakukan aktivitas, apalagi aktivitas tersebut membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga maka Anda harus melakukan latihan fisik secara rutin. Latihan daya tahan sangat baik untuk memperbaiki serta akan berpengaruh dalam sistem cardiovascular, diantaranya adalah jantung, peredaran darah, dan paru-paru.

daya tahan

Latihan tersebut akan semakin bermanfaat jika dilakukan dengan benar sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan kesegaran jasmani. Setiap latihan memiliki peranan sendiri-sendiri, contohnya latihan yang bersifat aerobik seperti latihan lari atau bersepeda jarak jauh berguna untuk melatih daya tahan tubuh jantung dan paru-paru. Sedangkan latihan yang berfungsi untuk melatih daya tahan otot adalah melakukan gerakan yang difokuskan pada bagian otot secara berulang-ulang. Seperti angkat beban.

Inilah Manfaat Latihan Daya Tahan

Melatih daya tahan tubuh tidak dibatasi oleh usia, tidak juga dibatasi oleh jenis kelamin. Meningkatkan daya tubuh merupakan kewajiban bagi setiap orang. Berikut beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui.

Meningkatkan Kebugaran Diri

Jika Anda melakukan latihan secara rutin maka kebugaran tubuh Anda akan terjaga. Tubuh juga tidak mudah lemas dan semangat untuk melakukan aktivitas terus ada. Anda dapat melakukan latihan setiap hari ataupun seminggu tiga kali. Untuk intensitas olahraga mulai dari sedang hingga olahraga cardio.

Jarang Lelah

Manfaat yang kedua dari latihan daya tahan adalah kondisi tubuh tidak mudah lelah. Ini karena aktivitas fisik yang Anda lakukan mampu membuat energi secara otomatis tersedia cukup banyak. Misalnya dalam satu hari Anda terbiasa melakukan jogging sebanyak 2 putaran. Setelah itu Anda berangat kerja, maka tubuh secara tidak langsung tubuh mengalami pemanasan. Ini membuat nafas Anda menjadi lebih panjang Tubuh menjadi lebih fit karena setiap pagi kalori terbakar.as

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit degenerative, artinya penyakit ini disebut juga penyakit tua. Seseorang yang terkena jantung biasanya karena ketika usia muda tidak menjaga pola makan sehat. Dengan melakukan olahraga secara rutin maka dapat membantu Anda dijauhkan dari penyakit jantung. Ini karena Anda sudah terbiasa melatih kondisi jantung untuk bekerja.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat latihan daya tahan selanjutnya adalah mampu menurunkan kolesterol jahat. Seperti yang kita ketahui bahwa ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu kolesterol jahat dan baik. Kolesterol jahat dinamakan dengan LDL. Kolesterol ini dapat menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung. Menurut para dokter yang ahli dibidangnya melatih daya tahan akan membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah manusia dapat dibedakan menjadi dua, yakni tekanan darah tinggi atau hipertensi dan tekanan darah rendah atau hipotensi. Kedua tekanan darah tersebut sama-sama tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu Anda harus rutin melakukan latihan fisik. Jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus maka dapat memicu serangan jantung, stroke dan sebagainya.

Mengontrol Berat Badan

Manfaat latihan daya tahan selanjutnya adalah dapat mengontrol berat badan. Banyak orang yang mengalami masalah kelebihan berat badan. Orang dengan berat badan berlebih bisanya mudah lelah, lesu, dan kurang bersemangat. Untuk itu memiliki badan yang ideal adalah hal yang penting. Anda dapat melakukannya dengan cara melakukan latihan olahraga daya tahan tubuh.

Contoh Latihan Daya Tahan yang dapat Anda Lakukan

Anda dapat memilih olahraga atau latihan kelincahan untuk menjaga daya tahan tubuh. Ini merupakan unsur penting dari sebuah olahraga. Cara melakukannya juga cukup beraga, diantaranya adalah sebagai berikut.

Lari Bolak Balik ( Suttle Run)

Lari bolak-balik dapat dilakukan sebanyak 6 hingga 8 kali dalam jarak 5 meter. Caranya adalah Anda berlari dari titik satu ke titik lainnya. Ketika sampai pada suatu titik Anda harus mengubah arah lari secepatnya. Perlu Anda perhatikan bahwa untuk jarak antar titik tidak boleh terlalu jauh.

Lari Berbelok-Belok (Zig-Zag)

Anda dapat berlari dengan arah zigzag dengan cepat sebanyak 2-3 kali di antara beberapa titik. Perhatikan jarak untuk tiap titik minimal 2 meter. Cara melakukannya adalah dengan berdiri tegak lalu lari dengan cepat sesuai arah yang sudah ditentukan.

Jongkok Berdiri ( Squat Thrust )

Untuk latihan ini Anda cukup memulainya dengan sikap berdiri tegak, kemudian berjongkok hingga tangan menyentuh lantai kemudian kaki diluruskan ke belakang sehingga posisi tubuh menyerupai melakukan push up. Setelah itu tarik kedua kaki dan kembali ke posisi jongkok dan terakhir kembali berdiri.

baca juga : menciptakan gaya hidup sehat alami

Itulah manfaat latihan daya tahan tubuh dan contoh olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah.

loading...
terms: Manfaat memiliki daya tahan yang baik, manfaat daya tahan, manfaat latihan daya tahan, manfaat memiliki daya tahan tubuh yang baik, jelaskan tentang manfaat lari bagi tubuh manusia ditinjau dari daya tahan dan kebugaran jasmani, manfaat daya tahan tubuh terhadap kebugaran jasmani, tujuan daya tahan, Latihan daya tubuh yg ideal, manfaat daya tahan tubuh yang baik, manfaat lari menurut daya tahan, jelaskan tentang manfaat lari dari daya tahan tubuh, tujuan latihan peningkatan daya tahan tubuh