Manfaat Kopi bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki manfaat positif jika diminum dalam jumlah tidak berlebihan. Beberapa studi menyatakan bahwa kandungan dalam kopi dapat menjaga resiko para peminum dari penyakit berbahaya. Biasanya orang minum kopi untuk mengatasi rasa ngantuk dan untuk menghilangkan stres. Namun ternyata tidak hanya itu saja terdapat manfaat tersembunyi lainnya yang mungkin belum diketahui khasiatnya asalkan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Nah langsung saja bagi Anda yang ingin mengetahuinya simak ulasan dibawah ini!

manfaat kopi bagi kesehatan

Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Mencegah Timbulnya Depresi

Depresi merupakan gangguan pada mental yang dapat mengurangi kualitas hidup pada seseorang. Dalam sebuah penelitian di Harvard pada tahun 2011, wanita yang minum 4 gelas kopi setiap harinya memiliki resiko 20% lebih rendah mengalami depresi. Selain itu adapula penelitian mengenai bagi mereka yang minum 4 gelas kopi atau lebih memiliki persentase 53% lebih kecil kemungkinan dalam bunuh diri.

Kopi dapat Membantu dalam Membakar Lemak

Bagi seseorang yang melakukan dan menjalankan progam diet tentu kopi dapat membantu. Kafein merupakan salah satu zat yang terkandung dalam kopi. Kafein ini sudah terbukti mampu membakar lemak dalam tubuh. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kafein ini mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh 3 sampai dengan 11%. Sedangkan sebuah penelitian lain mengungkapkan kafein juga dapat meningkatkan proses pembakaran pada lemak asalkan tidak minum dalam jumlah berlebih. Untuk minum kopi sebaiknya 2 sampai dengan 3 gelas dalam sehari. Baca juga Diet Golongan Darah O

Mengurangi Resiko Terkena Diabetes

Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang biasanya menyerang seseorang yang memiliki keturunan penyakit diabetes ataupun yang disebabkan dengan pola hidup. Salah satu cara untuk mengurangi resiko dari penyakit diabetes adalah dengan cara minum kopi. Sebuah studi menyatakan bahwa peminum kopi lebih kecil terkena resiko penyakit diabetes tipe 2.

Kafein dapat Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein dapat merangsang sistem saraf yang dapat memecah lemak pada tubuh. Tetapi zat kafein juga mampu meningkatkan adrenalin dalam darah, yang merupakan hormon yang ada dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi salah satunya adalah untuk aktivitas fisik. Oleh karena itu sangat masuk akal sekali jika kafein dapat meningkatkan kinerja fisik. Minum kopi sebelum berangkat kerja atau sebelum berolahraga merupakan cara efektif untuk mendapatkan manfaatnya. Namun perlu diingat jangan mengonsumsinya secara berlebih.

Resiko terkena Kanker Lebih Rendah

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya dan paling mematikan di dunia. Penyakit ini disebabkan karena pertumbuhan sel-sel dalam tubuh yang tidak terkontrol. Kanker biasanya dapat timbul dari pola hidup tidak sehat seperti sering merokok, atau juga disebabkan karena gen keturunan. Nah untuk mengurangi resiko dari penyakit kanker ini dapat dilakukan dengan cara minum kopi. Minum kopi juga dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat yang sering dialami oleh pria dengan usia lanjut.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai manfaat kopi bagi kesehatan, namun tentu perlu diingat jangan mengonsumsi kopi secara berlebih setiap harinya. Baca juga artikel lainnya Mengatasi Susah Tidur