Manfaat Kecambah Bagi Wanita

By Categories : Kesehatan

Kecambah atau disebut dengan taoge merupakan tumbuhan muda yang baru berkembang di dalam biji. Tahap perkembangan tersebut dapat disebut sebagai perkecambahan dan menjadi satu awal tahap kehidupan tumbuhan. Tumbuhan bunga memiliki dua kelas yaitu monokotil(berkeping satu) dan juga dikotil (berkeping dua).

Kecambah atau orang sering menyebutnya taoge memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Di dalam taoge terdapat senyawa seperti kanavanin, dan fitokimiawi. Meskipun kecambah atau taoge berasal dari biji-bijian namun tetap memiliki kandungan gizi . Kandungan gizi tersebut salah satunya adalah senyawa protein 19% lebih besar dibandingkan dengan bijinya. Ini karena terjadi proses ketika pembentukan kecambah sehingga akan terjadi pembentukan asam amino yang berperan menyusun protein.

Selain itu adapula manfaat bahwa kecambah sangat baik untuk wanita. Lalu apa saja sebenarnya manfaat kecambah bagi wanita, untuk lebih lanjutnya silahkan simak ulasan dibawah ini!

Manfaat Kecambah Bagi Wanita

Manfaat Kecambah Bagi Wanita

Resiko Terkena Kanker

Dengan mengonsumsi kecambah dapat membantu wanita agar terhindar dari resiko terkena kanker payudara, gangguan lainnya yang terjadi pada wanita. Tidak hanya sampai situ saja manfaat kecambah lainnya adalah dapat mengurangi resiko terkena artritis, memperlancar sistem pencernaan, reproduksi, dan juga kelejar (glandular). Biasanya kecambah dikonsumsi dengan cara dijadikan sebagai lalapan, dan juga sebagai campuran pada masakan.

Mampu Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kecambah berikutnya adalah mampu meningkatkan kesuburan. Seperti halnya yang beredar di masyarakat, bahwa kecambah mampu meningkatkan kesuburan. Hal tersebut memang benar adanya, hal ini dikarenakan taoge atau kecambah mengandung vitamin E Alfa yang berperan untuk meningkatkan kesuburan bagi orang yang mengonsumsinya. Dalam arti wanita dan juga pria, oleh karena itu taoge atau kecambah sering digunakan sebagai obat alami untuk meningkatkan kesuburan.

Meningkatkan Kepadatan pada Tulang

Kecambah rendah akan kadar lemak, mengandung vitamin C, vitamin E Alfa, mengandung protein, dan juga memiliki folat yang dapat memperkecil resiko dari penyakit kardiovaskular dan juga mampu merendahkan lemak jahat atau disebut sebagai LDL. Di dalam darah kecambang mengandung fitoestroge yang berfungsi untuk estrogen pada wanita. Estrogen tersebut berfungsi untuk meningkatkan kepadatan pada tulang, dan mencegah terjadinya kerapuhan tulang (osteoporosis) bagi wanita pada masa menopause. Baca juga Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

Berperan Sebagai Antioksidan

Seperti pada pembahasan di atas bahwa kecambah mengandung vitamin E yang juga berperan sangat penting sebagai antioksidan. Kita tentu mengetahui bahwa tubuh memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Dapat Membantu Memperlambat Proses Penuaan

Beberapa ahli dan penelitian menyatakan bahwa dengan mengonsumsi taoge mentah atau dimasak terlebih dahulu dengan cara memasukkan pada air mendidih lalu ditiriskan agar peremajaan tetap utuh. Seperti halnya pada penjelasan di atas bahwa taoge berperan sebagai antioksidan kuat yang berperan sebagai perisai tubuh Yang perlu diingat adalah jangan sampai taoge layu ketika dimasukkan pada air mendidih terlalu lama. Jika taoge rusak akibat terlalu lama dipanaska maka vitamin C dan juga enzim mengalami kerusakan. Perlindungan ganda tersebut dapat memperlambat proses penuaan.

Itulah tadi pembahasan mengenai manfaat kecambah bagi wanita, baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan