Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Kayu manis merupakan sejenis kayu yang memiliki aroma harum dan juga sedap. Selain digunakan sebagai bumbu pada masakan, rempah-rempah yang satu ini juga kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hanya saja saat ini belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui segala macam manfaatnya dan cara menerapkannya. Jika Anda penasaran, berikut adalah  manfaat kayu manis  untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kayu Manis

Inilah khasiat kayu manis untuk kesehatan

Mengontrol gula darah

Manfaat yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. kayu manis yang Anda konsumsi  dapat membantu memperbaiki respon insulin pada penderita diabetes serta berguna untuk membantu proses pencernaan agar lebih lancar. Tak hanya itu saja, kayu manis yang dikonsumsi secara teratur juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung pada penderita diabetes dan juga dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini dikarenakan kayu manis kaya akan antioksidan  yang dapat mengontrol hal tersebut.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat yang kedua adalah dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Seperti yang kita ketahui kanker merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Karena telat penanganannya, penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Selain olahraga teratur dan menjaga pola makan, Anda juga dapat mengonsumsi kayu manis. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas menyatakan bahwa kandungan zat baik dalam kayu manis sangat ampuh untuk mencegah sela kanker persebut berkembang.

Mencegah penggumpalan darah

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah dapat mencegah penggumpalan darah. Penggumpalan darah dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh, seperti jantung dan stroke.  Untuk mencegah hal ini Anda bisa melakukan beberapa pencegahan seperti mengonsumsi kayu manis secara teratur. Kayu manis dapat menghasilkan minyak alami, yaitu cinnamaldehyde. Minyak tersebut berguna untuk mengeluarkan asam lemak anti peradangan yaitu arachidonic. Asam lemak tersebut sangat ampuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi serta mencegah penggumpalan darah.

Sebagai obat anti bakteri

Umumnya tidak semua tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama, ada yang kuat ada juga yang lemah. Untuk mencegah   bakteri jahat masuk ke dalam tubuh Anda bisa menggunakan kayu manis. Kayu manis merupakan salah satu makanan antibiotik alami yang sangat ampuh untuk melawan bakteri. Untuk hasil lebih maksimal, Anda dapat mengkombinasikannya dengan jahe.

Meningkatkan fungsi otak

Manfaat berikutnya adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Hanya dengan mencium bau kayu manis dipercaya dapat  meningkatkan aktivitas otak. Tak hanya itu saja, rutin mengonsumsi kayu manis juga dapat meningkatkan kognitif seseorang, di mana hal tersebut dapat membantu seseorang mudah mengingat, berkonsentrasi dan lebih cepat dalam melakukan suatu pekerjaan.

Nah itulah beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh. Baca juga artikel terkait lainnya manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dan janin.