Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Bagi masyarakat sayuran kangkung merupakan jenis sayuran yang sudah tidak asing namanya bagi mereka. Kangkung adalah sayuran yang dapat tumbuh d sawah, saliran irigasi, dan juga tempat yang terdapat air. Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, tentu akan sulit mencari kangkung. Oleh sebab itu untuk menemukan sayuran ini, maka Anda harus berbelanja atau pergi ke pasar tradisional.

Sayuran yang mudah ditemui di daerah tropis ini dapat dimasak dengan menggunakan berbagai resep yang ada salah satunya adalah tumis kangkung. Bagi Anda para penggemar sayuran dengan warna hijau ini, maka Anda wajib untuk mengetahui apa saja manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh kangkung. Langsung saja, inilah manfaat kangkung untuk kesehatan!

manfaat kangkung untuk kesehatan

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Dengan rajin mengonsumsi sayuran seperti kangkung maka Anda akan memperoleh kesehatan secara alami. Salah satu kesehatan yang dapat Anda peroleh adalah meningkatnya sistem imun atau kekebalan pada tubuh. Ini dikarenakan zat antioksidan yang bernama phyuto yang ada pada kangkunga ternyata memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya itu saja namun kangkung juga mengandung vitamin A, C, asam folat, B kompleks, niasin yang berguna untuk tubuh.

Mengandung Kaya akan Mineral

Selain meningkatkan imun pada tubuh, manfaat kangkung untuk kesehatan berikutnya adalah mampu meningkatkan produksi sel darah merah, dan juga respirasi sel dalam tubuh. Ini dikarenakan kangkung kaya akan mineral seperti magnesium, tembaga, kalium, seng, kalsium, dan juga mangan. Mineral-mineral tersebut sangat baik untuk tubuh. Baca juga Tempat Paling Romantis di Dunia

Mampu Mengontrol Jumlah Trombosit pada Tubuh

Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa kangkung mampu mengontrol jumlah trombosit dalam tubuh. Kangkung mengandung senyawa kimia yang memiliki fungsi mengontrol jumlah trombosit pada tubuh. Zat inilah yang berfungsi sebagai pencegah pembekuan darah pada pembuluh darah jantung, serta otak.

Meningkatkan Nafsu Makan

Kangkung dapat ditujukan untuk seseorang yang susah untuk makan, karena menghilangnya nafsu makan. Oleh sebab itu kangkung dapat menjadi solusi bagi anak-anak yang kehilangan nafsu makan. Kangkung juga dikenal untuk mengobati gangguan pada sistem pencernaan tubuh, perut kembung, serta insomnia atau susah tidur. Nah bagaimana tertarik untuk mengonsumsi yang biasa dimasak dengan cara ditumis.

Menurunkan Resiko Stres dan Gula dalam Darah

Selain mampu mengontrol jumlah trombosit pada tubuh, kangkung juga memiliki khasiat seperti menurunkan resiko terjadinya stres, serta menurunkan kadar gula dalam darah. Bagi Anda yang menderita atau memiliki riwayat penyakit tersebut sebaiknya Anda manfaatkan kangkung sebagai obat alami untuk mencegah dan juga mengatasi diabetes.

Mengurangi Bau Mulut

Apa hubungannya kangkung dengan bau yang terjadi pada mulut? Bagi Anda yang bermasalah dengan bau mulut, Anda dapat mencoba dengan mengonsumsi kangkung. Ini dikarenakan kangkung mengandung cineol, icomene, dan juga estragole. Minyak-minyak tersebut dapat membantu untuk mengurangi bau pada mulut akibat mikroba dalam mulut.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat kangkung untuk kesehatan, baca juga artikel lainnya Tips Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

Loading...