Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil dan Janin

By Categories : Kesehatan

Apakah Anda suka mengonsumsi kacang-kacangan? Terutama bagi Anda yang saat ini sedang hamil. Masa kehamilan adalah masa yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang, khususnya bagi para wanita. Agar pada masa kehamilan tetap dalam kondisi sehat, ibu hamil memang membutuhkan asupan nutrisi tambahan. Hal ini bertujuan selain menjaga kesehatan ibu hamil, juga bermanfaat untuk menunjang perkembangan janin. Untuk mendapatkan nutrisi tambahan tersebut Anda dapat memanfaatkan kacang hijau. Kacang hijau atau phaseolus aereus ini merupakan jenis polong-polongan yang banyak kita temui dalam berbagai produk olahan makanan seperti bubur atau puding. Manfaat kacang hijau dengan ibu hamil dan janin memang memiliki keterkaitan yang sangat erat. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam kacang hijau memiliki pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan kondisi janin. Lantas apa saja kandungan dalam kacang hijau? Berikut penjelasannya!

kacang hijau

Kacang hijau memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Diantaranya seperti asam folat, fosfor, protein, mineral, karbohidrat dan masih banyak lagi lainnya. Nah itulah beberapa kandungan gizi yang sangat penting dalam kacang hijau. Maka tidak heran jika kacang hijau memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Inilah Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil dan Janin

Sebagai Asupan Gizi dan Nutrisi

Bagi ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bergizi untuk memenuhi nutrisi harian. Zat gizi tersebut mampu menjaga serta memenuhi kebutuhan ibu hamil. Selain itu, nutrisi dari kacang hijau sangat penting untuk perkembangan janin. Kandungan nutrisi pada kacang hijau cukup lengkap dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Mencegah dan Mengatasi Morning Sickness

Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dan janin yang pertama adalah mencegah dan mengatasi morning sickness. Morning sickness adalah gangguan seperti mual dan muntah yang di alami oleh kebanyakan ibu hamil. Dengan mengonsumsi kacang hijau setiap pagi hari akan dapat mengatasi masalah tersebut. Hal ini dikarenakan kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 dan B2 yang bermanfaat untuk mencegah gangguan morning sickness.

Membantu Pertumbuhan Rambut Janin

Manfaat yang kedua adalah membantu pertumbuhan rambut janin. Apakah Anda pernah melihat ketika bayi lahir dengan memiliki rambut tebal dan lebat? Tentu saja hal itu sangatlah menggemaskan. Jika Anda menginginkan hal tersebut, Anda cukup dengan rutin mengonsumsi kacang hijau setiap hari. Hal ini dikarenakan kacang hijau memiliki kandungan protein yang sangat banyak dan sangat baik untuk menunjang pertumbuhan rambut janin Anda.

Mencegah Konstipasi atau Susah Buang Air Besar

Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dan janin yang selajunjutnya adalah dapat mencegah konstipasi atau susah buang air besar. Biasanya kondisi ini memang sangat tidak jarang di alami oleh ibu hamil. Jika masalah yang satu ini tidak ditangani dengan cepat makan akan berakibat buruk bagi kesehatan janin. Namun Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini dpat di atasi dengan cara mengonsumsi kacang hijau secara rutin.

Sebagai Pasokan Energi

Kacang hijau mengandung banyak karbohidrat sehingga mampu memberikan energi yang stabil saat proses kehamilan. Energi ini dapat memberikan tenaga bagi ibu hamil dalam melakukan aktivitas setiap hari.

Mencegah Kelahiran Bayi Tidak Normal

Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat beresiko penyebab kecacatan pada bayi yang akan dilahirkan. Resiko tersebut dapat berupa kecacatan bibir sumbing, kelainan jantung, serta kerusakan pada otak. Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil disarankan untuk rutin mengonsumsi kacang hijau karena mengandung asam folat yang tinggi.

Mencegah Gangguan Tulang

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan janin selanjutnya adalah dapat mencegah gangguan tulang. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung 1,4 mg zat besi. Kandungan zat besi tersebut sangat baik untuk ibu hamil agar terhindar dari segala masalah tulang.

Mencegah Anemia

Anemia pada ibu yang sedang hamil sangat berbahaya karena dapat menyebabkan keguguran atau pendarahan saat waktu persalinan. Terdapat beberapa jenis anemia, namun salah satu penyebab ibu hamil terkena anemia adalah karena kekurangan asam folat  serta vitamin B12. Untuk itu, untuk mencegah terjadinya anemia ibu hamil dianjurkan mengonsumsi kacang hijau.

Mempercepat Pertumbuhan Luka

Pada saat proses persalinan kemungkinan terjadi kerusakan sel terutama di daerah jalan lahir sangat mungkin terjadi. Untuk itu, ibu hamil memerlukan protein yang memiliki peran penting untuk menyembuhkan luka. Dibanding dengan daging atau telur, kandungan protein pada kacang hijau lebih tinggi. Protein juga berguna sebagai pertumbuhan janin terutama pada awal kehamilan.

Demikian penjelasan mengenai manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dan janin. Baca juga artikel terkait lainnya Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Melancarkan  Persalinan

Loading...