Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Tidak semua jenis jamur dapat dikonsumsi oleh manusia. Hanya jamur jenis tertentu yang dapat dikonsumsi. Hal ini menandakan bahwa jamur yang tak dapat dikonsumsi mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh manusia. Salah satu jamur yang dapat dikonsumi oleh manusia adalah jamur jenis tiram. Jamur tiram sudah sangat populer di kalangan masyarakat berkat rasa yang dimiliki serta khasiat yang dimiliki. Jamur tiram termasuk dalam kelas Homobasidiomycetes dengan bentuk mirip seperti tiram yang memiliki warna putih cerah dan terdapat sedkit warna krem. Sampai saat ini jenis jamur tiram sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Nah untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat yang dimiliki jamur tiram, berikut adalah ulasan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber kesehatan.

Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan

Berikut Manfaat jamur Tiram bagi Kesehatan Tubuh

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jamur tiram yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Jamur tiram mengandung mineral yang dapat berguna dalam menjaga kesehatan jantung. Jantung menjadi salah satu organ penting untuk memompa darah dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Dengan jantung yang sehat dapat mengurangi resiko seperti jantung koroner sampai dengan mencegah jantung lebah. Selain itu jamur tiram juga bermanfaat untuk memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh.

Sebagai penghasil Enzim

Jamur tiram mengandung enzim yang disebut enzim oksidasi dan juga enzim hidrolisis yang sangat berperan penting dalam membentuk energi pada tubuh. Oleh sebab itu dengan mengonsumsi jamur secara cukup akan memberikan pasokan energi pada tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat jamur yang ketiga adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol dalam tubuh tinggi sebaiknya mengonsumsi makanan yang bergizi dan menghindari atau mengurangi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Salah satu sumber makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh adalah mengonsumsi jamur tiram secukupnya. Jamur tiram juga mengandung protein yang bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di tempe.

Sebagai Antibakteri

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan berbagai ilmuan di dunia, jamur tiram mengandung antibakteri yang bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah dari penyakit berbahaya pada tubuh termasuk penyakit tumor. Di samping itu jamur tiram juga mengandung protein nabati, asam amino kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, vitamin B, dan banyak lagi. Jamur tiram sebaiknya diolah dengan benar dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan tambahan ke dalam sayur.

Mengurangi Resiko Kanker Prostat pada Pria

Jamur mengandung selenium yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker prostat pada pria. Penelitian ini dilakukan oleh salah satu ilmuan yang bernama Baltimore yang menyatakan bahwa dengan mengonsumsi selenium sebanyak paling tidak dua kali lipat dari asupan harian dapat membantu dan mengurangi resiko dari kanker prostat sebanyak 65 persen.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh.

Loading...