Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Kebanyakan orang tentu sudah tidak asing lagi, ketika mendengar kata “jahe”. Jahe merupakan salah satu tanaman yang digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu obat tradisional dan juga rempah untuk memasak. Ciri khas dari jahe adalah rasa pedas yang disebabkan karena adanya senyawa yang disebut dengan keton yang bernama zingeron.

Salah satu manfaat jahe adalah cocok digunakan untuk menghangatkan tubuh ditengah-tengah musim dingin tiba. Pada cuaca yang dingin jahe diolah menjadi minuman yang dapat membuat tubuh lebih hangat. Namun ternyata tidak hanya itu saja manfaat alami yang dimiliki oleh jahe. Terdapat khasiat lainnya dalam jahe, lalu apakah itu? Baca ulasannya dibawah ini!

manfaat jahe bagi kesehatan

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Mampu Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat jahe yang satu ini adalah mampu melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Gingerol yang ada pada jahe bersifat antikoagulan yang dapat mencegah terjadi penggumpalan darah di dalam tubuh. Dengan begitu jahe dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan juga terjadinya penyakit jantung, dan juga resiko terkena stroke. Baca juga Foto Selfie Artis Indonesia

Mengatasi Perut Kembung

Ekstrak dari jahe sangat bermanfaat bagi seseorang yang sering mengalami perut kembung. Selain itu jahe juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah pada pencernaan dan juga iritasi pada usus. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman atau juga dalam bentuk campuran bahan makanan.

Mampu Menurunkan Tekanan dalam Darah

Hormon adrenalin merupakan salah satu hormon dalam tubuh. Fungsi dari hormone adrenalin salah satunya adalah memacu aktivitas jantung dan juga menyempitkan pembuluh darah pada kulit. Jahe dapat merangsang pelepasan dari hormon adrenalin dan juga memperlebar pembuluh darah yang dapat menyebabkan darah mengalir lebih lancar serta dapar meringankan kinerja dari jantung untuk memompa darah dalam tubuh.

Mengurangi Resiko Batuk dan Demam

Gingerol pada jahe selain dapat melancarkan sistem peredaran pada tubuh, juga dapat mengurangi resiko demam dan batuk. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk berbagai olahan, dapat berupa minuman jahe, atau sebagai salah satu rempah yang digunakan untuk membuat makanan.

Mencegah Terjadinya Perut Buncit

Perut buncit dapat mengurangi rasa percaya diri dan juga penampilan seseorang. Perut buncit dapat dikarenakan faktor yaitu seperti faktor kurang berolahraga. Bagi Anda yang ingin memiliki perut ideal, Anda dapat mencegah terjadinya perut buncit dengan melakukan cara mengonsumsi jahe terlebih dahulu sebelum makan, dan juga secara rutin. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu berlebihan, dan diimangi dengan berolahraga yang teratur.

Sebagai Obat Mabuk dalam Perjalanan

Bagi Anda yang sering mengalami mabuk dalam berpergian, Anda dapat menggunakan cara alami ini yaitu dengan cara minum wedang jahe. Rempah-rempah yang satu ini dapat mengurangi rasa mual dan juga dapat menghangatkan tubuh. Dengan begitu rasa mual yang Anda alami dalam perjalanan akan mulai berkurang dan menghilang dengan sendirinya.

Itulah pembahasan mengenai Manfaat Jahe Bagi Kesehatan, baca juga artikel lainnya Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Loading...