Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan payau yang banyak dibudidayakan. Rasa khas dari ikan bandeng menjadi salah satu daya tarik bagi kebanyakan orang untuk mengonsumsinya. Ikan bandeng memang terkenal dengan dagingnya yang lembut. Namun Anda juga perlu berhati-hati ketika akan mengonsumsinya, mengingat ikan ini memiliki banyak duri lembut yang perlu dihindari.

Ikan Bandeng

Untuk mengatasi hal tersebut biasanya ikan bandeng diolah dengan cara dihilangkan durinya atau disebut dengan bandeng presto. Dengan cara ini ikan bandeng dapat langsung dikonsumsi tanpa takut akan durinya. Selain rasanya yang lezat, ikan bandeng kaya akan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah untuk Anda pecinta ikan bandeng, alangkah baiknya juga mengetahui manfaat yang dimiliki.

Berikut Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan Tubuh

  • Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat ikan bandeng yang pertama adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi dalam tubuh tentu tak baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan berbagai masalah penyakit pada tubuh. Ikan bandeng menjadi salah satu ikan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Ini dikarenakan ikan payau tersebut mengandung lemak tak jenuh cukup tinggi.

  • Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi

Manfaat ikan bandeng yang kedua adalah mengurangi resiko tekanan darah tinggi pada tubuh. Bagi mereka yang memiliki riwayat darah tinggi sebaiknya untuk menghindari makanan terlalu asin, mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan juga beberapa jenis ikan. Salah satu ikan yang bisa dikonsumsi adalah ikan bandeng. Untuk mengonsumsi ikan bandeng sebaiknya jangan digoreng melainkan dibuat dengan cara direbus yang dicampurkan dengan rempah-rempah.

  • Membantu untuk Mencegah Jantung Koroner

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Penyakit jantung bisa datang kapan saja, dan sangat sulit untuk diprediksi. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung sangat diperlukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan bandeng. Ikan bandeng berfungsi untuk mencegah jantung koroner pada manusia, namun disarankan saat mengonsumsinya sebaiknya direbus untuk dijadikan sup ikan dan jangan digoreng.

  • Membantu untuk Meningkatkan Kesehatan Otak pada Anak

Untuk meningkatkan kesehatan otak pada anak dibutuhkan mengosumsi makan-makanan yang bergizi. Kandungan omega 3 menjadi salah satu yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Sementara kandungan omega 3 bisa didapatkan dengan mengonsumsi jenis ikan seperti salmon, bandeng, dan ikan lainnya. Sama seperti ikan salmon bandeng juga mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak anak.

  • Membantu Mencukupi Kebutuhan Protein pada Tubuh

Manfaat ikan bandeng selanjutnya adalah membantu mencukupi kebutuhan protein pada tubuh. Untuk menunjang aktivitas seharian, tubuh memerlukan asupan protein yang cukup untuk menunjang segala aktivitas seharian. Sumber protein yang bisa didapatkan adalah dari ikan bandeng. Konsumsi ikan bandeng secukupnya untuk mendapatkan asupan protein.

Nah itulah tadi beberapa manfaat ikan bandeng untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui.

terms: ikan bandeng goreng kesehatan tubuh