Manfaat Energi Nuklir Bagi Manusia

By Categories : Teknologi

Teknologi nuklir banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang. Dengan memanfaatkan energi nuklir manusia mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Berbeda jika digunakan untuk hal militer yang tentunya sangat berbahaya, mengingat ledakan yang dihasilkan dari bom nuklir begitu besar. Teknologi tesebut saat ini sudah banyak digunakan oleh berbagai negara di dunia.

Untuk di Indonesia teknologi nuklir sudah dicetuskan sejak tahun 1954 silam. Dibentuklah lembaga pemerintahan non kementrian yang diberi nama BATAN atau Badan Tenaga Nuklir Nasional yang berfungsi untuk melakukan penelitian, pengembangan, serta pemanfaatan energi nuklir. Nah lalu apa saja manfaat energi nuklir bagi manusia? untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Manfaat Energi Nuklir

Berikut Manfaat Energi Nuklir bagi Manusia

Dalam Bidang Medis

Manfaat energi nuklir bagi manusia dalam bidang medis yakni sebagai diagnose dan juga terapi radiasi. Hal ini tentunya sangat berguna bagi mereka para penderita kanker. Pada bidang ini sering disebut juga sebagai kedokteran nuklir. Sinar X merupakan salah satu hasil dari pengembangan teknologi ini yang dikembangkan oleh banyak ahli di seluruh dunia. Sebagai kesimpulan teknologi nuklir tidak hanya digunakan sebagai senjata saja, melainkan dalam bidang medis untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Dalam Bidang Pertanian

Manfaat energi nuklir bagi manusia berikutnya adalah dalam bidang pertanian. Lalu apa yang dimaksudkan dalam bidang pertanian? Apakah makanan yang akan dikonsumsi terkontaminasi denan radiasi? Dalam hal ini teknologi nuklir disebut dengan istilah Irradiasi makanan. Irradiasi makanan merupakan proses memaparkan bahan makanan dengan menggunakan ionisasi radiasi. Proses tersebut kedengarannya berbahaya, namun tahukah Anda bahwa proses tersebut bertujuan untuk menghancurkan bakteri, virus, maupun juga serangga yang terdapat pada makanan. Proses ini menggunakan radiasi dar sinar X, sinar gamma, dan electron dari hasil pemercepat electron.

Dalam Bidang industri

Selanjutnya adalah manfaat nuklir dalam bidang industri. Saat ini banyak negara yang memanfaatkan energi nuklir dalam bidang industri. Sebagai contoh dalam proses eksplorasi serta gas, penggunaan teknologi ini sangat bermanfaat. Dibutuhkan guna menentukan dari sifat bebatuan yang terdapat di sekitar seperti litografi maupun porositas. Penggunaan teknologi nuklir menggunakan neutron, sumber energi dari sinar gamma dan juga detector radiasi yang sudah ditanam pada bebatuan yang akan diteliti.

Kemampuan dari radiasi nuklit ini memiliki daya tembus yang sangat tinggi, sehingga sangat efektif untuk pemeriksaan bahan tanpa harus melakukan perusaan terlebih dahulu. Selain digunakan untuk proses eksplorasi gas serta minyak, teknologi nuklir juga digunakan untuk mengukur kelembaban dan kepadatan serta sebagai perancangan konstruksi jalan. Baca Juga Kelebihan Root pada Android dan Kekurangannya

Dalam Bidang pembangkit Listrik

Teknologi nuklir digunakan juga dalam pembangkit listrik. Konsep ini diterapkan oleh negara-negara maju di dunia seperti Jepang, Jerman, Inggris, dan negara maju lainnya. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir memang memberikan energi listrik sangat besar ketimbang energi dari fosil. Namun dalam penerapan sebagai pembangkit listrik dibutuhkan biaya yang tidak sedikit serta membutuhkan perhatian khusus dalam hal keamanan agar radiaktof dalam reactor tidak bocor.

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat energi nuklir bagi manusia. Baca Juga Cara Menanam Tomat Hidroponik

terms: manfaat energi nuklir, pemanfaatan energi nuklir, manfaat nuklir, manfaat nuklir bagi manusia, manfaat energy nuklir